,

Dai Kamtibmas Harus Diterapkan di Aceh

dai kamtibmas

JAKARTA – Program Dai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dari Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) sangat cocok diterapkan di seluruh jajaran kepolisian di Aceh sebagai daerah bersyariat Islam. Selain bisa menangkal faham radikal, juga bisa meningkatkan wawasan kebangsaan dan kepatuhan hukum.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez usai pengukuhan 125 orang dai kamtibnas di Polres Metro Jakarta Pusat, Senin, 6 November 2017. Pengukuhan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Suyudi, SH, SIK, MSI.

“Saya sangat mengapresiakan dan mendukung apa yang dideklarasikan di Polresto Jakarta Pusat itu sangat cocok diterapkan di Aceh. Pertama Aceh adalah daerah bersyariat Islam, peran ulama di Aceh juga sangat menonjol dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar H Firmandez.

Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, peran dai kamtibnas selain bisa menciptakan dan memperkuat pondasi perdamaian di Aceh yang sudah lama terajut, juga bisa menambahkan wawasan kebangsaan dan kepatuhan hukum bagi masyarakat.

“Aceh daerah bekas konflik, pengaruh paham radikal bisa saja muncul, jadi untuk mendeteksi dan mencegahnya peran dai kamtibnas ini sangat tepat. Selain itu juga bisa menambahkan wawasan kebangsaan dan pemahaman hukum bagi masyarakat,” lanjut Wasekjen DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.

Selain itu kata H Firmandez, dai kamtibnas juga dinilai akan mampu menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama berbangsa dan bermasyarakat, serta penegakan amar ma’fuf nahi munkar untuk menebar kebenaran dan mencegah kemungkaran.

H Firmandez berharap program dai kamtibnas bisa dibentuk di seluruh Polda dan Polres di Aceh hingga ke tingkat gampong, karena bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam segi kepatuhan hukum, menjaga keamanan dan ketertiban, serta tindakan-tindakan preventif lainnya yang bisa mengurangi persoalan hukum dalam lingkungan masyarakat.

“Kita dukung sepenuhnya, semoga apa yang sudah dideklarasikan oleh Kombes Pol Suyudi di Polrestro Jakarta Pusat bisa diterapkan di seluruh daerah hingga ke tingkat desa,” harapnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *