,

Daerah Harus Bangun Industri Berorientasi Ekspor

BATAM – Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, pemerintah daerah diarahkan untuk membangun industri berorientasi ekspor. Sasarannya untuk memperkuat stabilitas makroekonomi dan struktur perekonomian nasional.

Hal itu mencuat dalam diskusi publik Rapat Koordinasi antara Bank Indonesia, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Rakorpusda), Jumat, 13 April 2018 di Kota Batam, Kepualaun Riau.

Rakorpusda tersebut diselenggarakan bersama oleh Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dalam rakor itu, Gubernur BI, Agus DW Martowardojo menjelaskan, pemerintah dan BI terus berkoordinasi dan bersinergi melakukan perluasan akses pasar dan optimalisasi kawasan industri. Sinergi yang semakin baik diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan yang tepat sasaran.

Turut hadir sebagai pembicara adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekjen Kementerian Perindustrian Haris Munandar dan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun. Bertindak sebagai moderator adalah Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo.

Sebagai rangkaian dalam Rakorpusda, Bank Indonesia pada hari ini juga melakukan komunikasi dengan berbagai unsur di Batam, Kepulauan Riau. Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo hadir dalam kegiatan “BI Mengajar”di Universitas Batam.

Dalam paparannya, Perry Warjiyo menjelaskan mengenai kebijakan-kebijakan BI yang dilakukan untuk menjaga stabilitas sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BI dan Universitas Batam untuk meningkatkan kerjasama dalam pendidikan, penelitian, kepemimpinan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kebanksentralan.

Selain itu, untuk memperkenalkan transaksi non tunai, Deputi Gubernur BI, Sugeng melakukan peresmian transaksi non tunai di Ponpes Darul Falah, Batam. Sementara dari sisi tunai, Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi bersama dengan Wakil Asisten Operasi Kasal Mabes TNI AL Laksamana Pertama TNI Yusuf melakukan pelepasan kas keliling ke 6 (enam) pulau terluar di Kepulauan Riau, yaitu Pulau Jumaja, Pulau Tarempa/Anambas, Pulau Sekatung Laut, Pulau Subi, Pulau Serasan dan Pulau Tambelan Besar.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *