,

Coklat Putri Betung Diserang Hama Busuk Buah

BLANGKEJEREN – Petani coklat di Putri Betung, Gayo Lues kini direpotkan dengan hama jamur yang menyebabkan buah coklat busuk di pohon. Meski sudah dilakukan penyemprotan dan pemupukan, belum juga teratasi.

Selamat, petani coklat di Putri Betung, Rabu, 30 Maret 2016 mengungkapkan, hama busuk buah sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir, tetapi tidak separah tahun ini. Hama tersebut nembuat buah memhusuk dan mengering.

“Sekarang buah yang masih kecil juga terserang hama busuk buah, sehingga buahnya langsung kering di batang sebelum besar, padahal buah yang masih kecil sangat banyak di batang, makanya tahun ini bisa mengalami kerugian,” katanya.

Biasanya kata Selamat, setelah dilakukan pemangkasan, pemupukan dan penyemprotan obat-obatan, hama busuk buah langsung berkurang, dan bakal buahnya juga terus bertambah hingga bisa dipanen dua bulan kemudian.

“Mungkin karena musim kemarau kemarin yang mengakibatkan buahnya tidak jadi, sehingga musim panen tahun ini hanya sedikit coklat yang bisa dihasilkan, kalau tahun-tahun sebelumnya lumayan besar hasil coklat kami,” tuturnya.

Kebanyakan masyarakat Putri betung mengantungkan hidupnya dengan cara berkebun coklat, salah satu alasanya karena harga selalu stabil dan setiap hari ada pembelinya, disamping itu, melakukan penanaman juga sangat mudah. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *