,

CJH Aceh Selatan Berangkat ke Tanah Suci Dalam Dua Kloter

TAPAKTUAN – Sejumlah 124 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Aceh Selatan akan diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Iskandar Muda pada 13 dan 18 Agustus 2016. Mereka tergabung dalam kloter IV dan VIII, yakni kloter reguler dan kloter tambahan.

Kasie Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Aceh Selatan, Zainizar di Tapaktuan, Rabu, 10 Agustus 2016 mengatakan, kuota reguler yang tergabung dalam kloter IV berjumlah sebanyak 86 orang serta ditambah satu orang Tim Penyelenggara Haji Daerah (TPHD), akan diberangkatkan dari Tapaktuan menuju Banda Aceh, Kamis, 11 Agustus 2016 dan direncanakan akan masuk Asrama Haji, Banda Aceh pada Jumat, 12 Agustus 2016.

“Setelah masuk asrama haji selama satu hari, selanjutnya CJH yang tergabung dalam kloter IV tersebut akan diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah Sabtu (13/8) sekitar pukul 19.20 WIB menggunakan Pesawat Garuda Indonesia BTJ04,” jelasnya.

Selanjutnya kuota CJH tambahan, yang terdiri dari calon haji lanjut usia, pendamping dan calon yang sudah pernah naik haji dengan jumlah seluruhnya sebanyak 38 orang. Zainizar menyatakan, untuk CJH kuota tambahan tersebut, rencananya akan diberangkatkan dari Tapaktuan menuju Banda Aceh pada Selasa, 16 Agustus 2016 serta akan masuk Asrama Haji, Banda Aceh keesokan harinya.

Menurutnya, rombongan CJH kuota tambahan asal Aceh Selatan yang tergabung dalam kloter VIII tersebut rencananya akan diterbangkan dari Bandar Udara Sultan Iskandar Muda pada Kamis, 18 Agustus 2016 sekitar pukul 19.00 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia BTJ08,.

Saat ditanya terkait perubahan jumlah kuota haji seperti yang disampaikan oleh mantan Kasi PHU sebelumnya, H Khairizal Mona kepada wartawan di Tapaktuan Senin (10/5/2016) lalu, Zainizar mengatakan, tahun 2016 terjadi penambahan kuota untuk Aceh Selatan yaitu CJH Lansia sebanyak 31 orang dan yang pernah naik haji 9 orang.

“Berdasarkan data yang ada sama kami, per bulan Mei 2016 sudah tercatat sebanyak 89 orang CJH ditambah satu orang cadangan. Calon ini telah terjadi pengurangan disebabkan karena ada diantara mereka yang meninggal dunia dan gagal berangkat. Sehingga kalkulasi akhir, jumlah seluruhnya menjadi 124 orang ditambah satu orang TPHD. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah CJH asal Aceh Selatan tahun 2015 lalu yang hanya berjumlah sebanyak 104 orang,” ungkapnya. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *