,

Cegah Banjir, DAS Penampaan Dikeruk

BLANGKEJEREN – Untuk mencegah terjadinya banjir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues melakukan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) mulai dari Desa Penampaan hingga tembus ke sungai Porang, Kecamatan Blangkejeren.

Normalisasi aliran sungai yang dilakukan Dinas Pengairan negeri seribu bukit tersebut sangat diapresiasi oleh masyarakat setempat. Ibrahim, warga Penampaan mengutarakan, warga di seputaran DAS sering was-was bila musim hujan karena sungai meluap dan menyebabkan perumahan warga tergenang.

“Beberapa tahun terakhir kerap terjadi banjir bandang yang menghayutkan rumah dan areal sawah warga Bacang, mudah-mudahan dengan diperbaikinya aliran sungai ini tidak lagi mengancam keselamatan warga,” katanya.

Pembersihan DAS Penampaan dikerjakan oleh Dinas Pengairan Kabupaten Gayo Lues, seluruh kanan dan kiri sungai ditimbun mengunakan satu unit alat berat yang memindahkan pasir dari dalam sungai, sehingga keberadaan sungai itu kini menjadi tertata rapi.

“Dengan dibersihkanya sungai ini, penambang pasir ilegal juga akan kesulitan mencari batu dan pasir, tidak seperti selama ini penambangan pasir kerap dilakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga dengan kerusakan alam ini menimbulkan bencana bagi warga lainya,” ujarnya.

Ibrahim berharap, selain membersihkan sungai Porang, Pemkab Gayo Lues juga diminta membersihkan sungai-sungai yang berdekatan dengan rumah dan sawah penduduk, supaya pada masa yang akan datang tidak ada lagi yang mengalami abrasi. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *