,

Camat Blangpegayon Klarifikasi Pemotongan Dana Desa

BLANGKEJEREN – Camat Blangpeugayon, Gayo Lues, Mutia Khatmi, Selasa, 19 Juli 2016 memberikan klarifikasi terkait pemotongan dana desa sebesar Rp 30 juta per desa. Hal itu tertuang dalam anggaran masing-masing desa yang bekerja sama langsung dengan pihak perusahaan.

Mutia menjelaskan, pihaknya sudah memeriksa buku APBK-P, pembelian itu tertuang dalam anggaran masing-masing desa yang langsung bekerja sama dengan pihak perusahaan. Anggaran Rp 30 juta per desa itu untuk membeli empat jenis barang seperti buku dan papan informasi.

“Adan empat jenis yang dibeli, yaitu media informasi monografi desa satu unit per desa, buku ensiklopedia pengetahuan tetang desa dengan jumlah yang banyak, buku PAUD, dan buku perpustakaan,” ungkapnya.

Pembelian buku tersebut menurut kata Mutia, tidak ada kaitanya antara desa dengan pihak kecamatan, sebab, masing-masing desa langsung bekerja sama dengan pihak perusahaan.

Hal yang sama juga disampaikan Kasi Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Blangpeugayon, Ariyanto Fitrahiwin. Ia mengaku tidak pernah menyarankan atau memaksa kepala desa untuk membayarkan uang buku tersebut kepada pihak perusahaan.

“Kalau ada yang mengatakan saya yang menyuruh atau memaksa agar uang buku itu disetorkan kepada rekening perusahaan, itu fitnah, kami hanya melakukan pengawasan dari kecamatan, tidak pernah menyuruh seperti yang digembar-gemborkan selama ini,” bantahnya.

Ditempat terpisah, perwakilan CV Senantiasa Benderang Khairul Amri yang dikonfirmasi wartawan mengatakan sebelum desa mengajukan anggaran, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan perjanjian pihak perusahaan menyediakan barang, dan masing-masing desa akan membeli kebutuhanya sesuai dengan kotrak.

“Keempat barang yang dibeli masing-masing desa dari saya sudah saya antarkan ke desa, jadi tidak ada masalah, semuanya sesuai dengan spek, sebab seperti papan informasi kan sangat dibutuhkan oleh desa untuk keterbukaan informasi,” katanya.

Anggaran Rp 30 juta untuk membeli buku dan media informasi monografi lanjut Khairul Amri sudah sesuai, dan jika ada yang tidak percaya boleh saja melihat anggaran pada APBK-P dan melihat spek barangnya beserta barangnya yang telah disalurkan ke desa supaya tidak menimbulkan fitnah. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *