,

Calo CPNS Divonis Empat Bulan Penjara

BLANGKEJEREN – Calo Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengurus kelulusan perawat gigi tanpa formasi divonis empat bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Blangkejeren. Dua bulan lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan negeri (Kejari) Gayo Lues.

Seorang PNS berinisial KH di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Gayo Lues pada penerimaan CPNS tahun 2013 lalu memalsukan izajah Yuliana Simehate, perawat gigi dan lulus PNS meski tanpa formasi. Namun kemudian diprotes oleh beberapa CPNS sehingga kasus itu terkuak ke publik.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Gayo Lues, Alamsyahbudin, menjelaskan, usai vonis KH langsung dijebloskan ke Lembaga Permasyarakatan (LP). “Kalau mengenai dia dipindah ataupun dipecat, itu bukan kewenangan kami lagi, yang jelas dia sudah diaadili dan sudah dijatuhi hukuman, kalau nantinya ada TSK lainya juga, kami siap menaganinya,” jelasnya.

Pada saat penerimaan CPNS akhir tahun 2012 silam, Yuliani Simehate selaku perawat gigi mendaptarkan diri ke BKPP meski tidak ada formasi, namun karena calo KH berkansya diterima dan dikeluarkan nomor tes hingga kemudian dinyatakan lulus pada tahun 2013. KH membantu manipulas ijazah Yuliani Simehate dengan imbalan Rp 10 juta.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *