,

Buruh Kasar Asing Bisa Memicu Instabilitas Negara

JAKARTA – Ramainya buruh kasar asing yang bekerja di Indonesia dinilai bisa memicu instabilitas negara. Pasalnya, selain mempersempit lapangan kerja bagi buruh dalam negeri, juga menambah angka pengangguran. Pemerintah harus bertindak.

Hal itu disampaikan anggota Fraksi Golkar di DPR RI, H Firmandez, Sabtu malam, 21 Oktober 2017. Menurut politisi asal Aceh ini, pemerintah perlu memulangkan buruh kasar asing ke negaranya untuk memberi kesempatan kerja kepada buruh dalam negeri.

“Berdayakan buruh dalam negeri untuk menekan angka penganguran. Kalau tidak, saya rasa keberadaan buruh kasar asing itu bisa memicu instabilitas negara, buruh dalam negeri harus diberdayakan,” harap Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.

Karena itu, H Firmandez meminta pemerintah untuk menindak buruh kasar asing yang masuk ke Indonesia, apalagi buruh kasar ilegal. Ia menilai, selama ini keterbukaan Indonesia terhadap pekerja asing dengan sering disalahgunakan.

“Di tengah kondisi ekonomi yang seperti sekarang, kebutuhan akan lapangan kerja sangat tinggi. Jika ada pekerjaan-pekerjaan kasar yang bisa dikerjakan oleh buruh dalam negeri, mengapa harus diberikan kepada buruh kasar asing. Ini bom waktu yang bisa memicu instabilitas negara. Di satu sisi kebutuhan lapangan kerja tinggi, di sisi lain ada pekerjaan tapi dikerjakan oleh orang luar, ini ironis,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *