,

Bupati Gayo Lues Perintahkan Kades Usir Penduduk Tidak Jelas

BLANGKEJEREN – Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasyim memerintahkan para kepala desa (Kades) di negeri seribu bukit tersebut untuk mengusir penduduk dan pendatang yang tidak jelas. Ia menduga ada pihak yang sengaja memobilisasi massa di luar Gayo Lues untuk memenangkan kandidat tertentu pada Pilkada serentak Februari 2017 mendatang.

Penegasan itu disampaikan Ibnu Hasyim, Rabu, 2 Oktober 2016 di Blangsere. Ia mengaku sudah mendapat informasi tentang masuknya penduduk yang tidak jelas tersebut ke Gayo Lues.

“Selain dari aparat keamanan yang bertugas di Gayo Lues, kita tidak inggin ada orang luar yang identitasnya bukan warga Gayo Lues berada di sini, kalau memang ada kandidat yang butuh bekingan, silahkan saja meminta dari Polres atau Kodim 0113/GL untuk pengamanan selama Pilkada berlangsung,” tegas Ibnu Hasyim.

Ibnu Hasim menekankan, seluruh kepala desa yang ada di Gayo Lues agar mengecek wilayahnya masing-masing, dan jika menemukan adanya penduduk asli luar daerah tanpa keperluan yang jelas, agar diusri segera sebelum menimbulkan permasalahan.

“Kita harus usir oknum tertentu yang membeking maupun ingin memenangkan salah satu kandidat di Gayo Lues, kita harus pulangkan ke tempat asalnya, terkecuali memang orang tersebut bertugas di Gayo Lues, atau warga tersebut benar-benar pindah ke Gayo Lues,” lanjutnya.

Sementara Kapolres Gayo Lues AKBP Bhakti Ery Nurmansyah yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya juga mendengar adanya isu bekingan yang masuk ke Gayo Lues dari luar daerah, namun rincianya masih dalam pencarian unit Intel Polres Gayo Lues, dan yang dikatakan bupati hanyalah sebatas himbauan pengusiran saja.

“Yang dibilang Pak Bupati tadi adalah himbauan agar menghindari adanya bekingan menetap di Gayo Lues, kalau memang sudah ada, kepala desa harus segera bertindak, namun untuk lebih jelasnya silahkan konfirmasi lebih lanjut sama pak Bupati, mungkin beliau mengetahui lebih rinci,” jelasnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *