,

BPK Diminta Audit Investigasi Setwan Aceh Timur

IDI – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GeMPAR meminta BPK RI Perwakilan Aceh untuk melakukan audit investigatif terhadap indikasi penyimpangan anggaran yang terjadi di Sekretariat Dewan (Setwan) Aceh timur.

Kepala Bidang Evaluasi dan Monitoring LSM GeMPAR, Muhammad Suheri, kepada Wartawan Senin 27 Juni 2016 menjelaskan, indikasi penyimpangan dimaksud terkait tentang dugaan SPPD fiktif, biaya makan minum anggota DPRK selama setahun dan sewa gedung DPRK selama 2 tahun.

Menurut Muhammad Suheri dalam APBK Aceh Timur tahun 2015 Sekretariat DPRK Aceh Timur mendapat alokasi dana Rp17.39 miliar untuk kebutuhan gaji PNS dan anggota dewan termasuk makan minum selama setahun sebesar Rp 700 juta.

Tak hanya itu, katanya, juga biaya perjalanan dinas luar daerah untuk pimpinan dan angggota DPRK selama setahun sebesar Rp 2 miliar, kemudian biaya kursus dan pelatihan bagi pimpinan, anggota DPRK dan pegawai sekretariat DPRK sebesar Rp 1,96 miliar, biaya perjalanan dinas luar daerah untuk kunjungan kerja pimpinan DPRK, komisi DPRK dan pendamping golongan IV dan III Rp1,73 miliar, dan sewa ruko untuk kantor DPRK selama dua tahun Rp420 juta.

“Pengelolaan dan pertanggungjawaban dana tersebut sebenarnya telah diminta rekapitulasi pertanggungjawaban oleh pihak anggota DPRK Aceh timur dalam paripurna LKPJ Tahun 2015 Bupati Aceh Timur beberapa waktu lalu tapi tidak mendapat tanggapan dari pihak Sekwan sehingga patut diduga adanya potensi penyalahgunaan wewenang dan jabatan serta dugaan penyimpangan anggaran mengatasnamakan kepentingan DPRK,” ungkap Muhammad Suheri.

Karena itu, GeMPAR mendesak BPK RI Perwakilan Aceh untuk melakukan audit investigatif terhadap dana yang dikelola oleh Sekwan Aceh timur selama tahun 2015 termasuk soal sewa ruko kantor DPRK Aceh selama dua tahun sekaligus.

“BPK RI Perwakilan Aceh harus berani mengambil tindakan tegas terhadap penyimpangan anggaran yang sangat kontras terjadi di Aceh Timur,” harapnya. [Iskandar Idi]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *