BPBD Padamkan Kebakaran Lahan Gambut Trumon

0
156

TAPAKTUAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan dibantu TNI/Polri dan masyarakat berhasil memadamkan kobaran api yang membakar sekitar 4 hektar lahan gambut yang diduga direncanakan akan dijadikan lahan sawit di Desa Keude Trumon, Kecamatan Trumon.

Kepala BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan, peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) itu diketahui terjadi Rabu, 20 Maret 2019 sekitar pukul 13.00 WIB. Kebakaran yang sampai saat ini belum diketahui sumber api tersebut mengakibatkan seluas empat hektare lahan gambut hangus terbakar.

“Semburan asap disertai kobaran api yang membumbung tinggi ke udara mulai terlihat warga setempat sekitar pukul 13.00 WIB,” kata Cut Syazalisma kepada wartawan di Tapaktuan, Jumat, 22 Maret 2019..

Setelah menerima laporan, BPBD Aceh Selatan langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan petugas pemadam kebakaran dibantu TNI/Polri dan masyarakat setempat ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman titik api.

“Sebelumnya, kita sempat mengerahkan armada mobil pemadam kebakaran dari Pos 06 Trumon ke lokasi, namun mengalami kendala karena tidak ada akses jalan yang dapat dilalui oleh mobil pemadam,” kata Cut Syazalisma.

Karena mobil pemadam tidak bisa sampai ke lokasi, akhirnya upaya pemadaman di lahan gambut yang dijadikan lokasi perkebunan sawit ini terpaksa dilakukan secara manual, di antaranya dengan cara memukul ranting pohon kayu ke titik api sampai kobaran api padam.[HM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here