,

BPBA Minim Anggaran Rehab Rekon Pasca Bencana

BANDA ACEH – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) kekurangan anggaran untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. Sementara anggaran penangan pra dan saat bencana tak bermasalah.

Untuk tahun 2016, Pemerintah Aceh mengusulkan ke pusat Rp 1,6 triliun dana rehab rekon pasca bencana untuk seluruh Aceh, tapi hanya disetujui Rp 95,8 miliar untuk lima kabupaten. Kelima kabupate/kota penerima hibah tersebut adalah Aceh Besar, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBA, Said Rasul kepada Komisi VIII DPR-RI pada pertemuan di ruang Potensi, Kantor Gubernur Aceh, Senin, 2 Mei 2016. Dana hibah 95,8 miliar dari pusat itu pun langsung ditransfer ke lima kabupaten, kami hanya melakukan monitoring dan evaluasi saja,” jelas Said Rasul.

Said Rasul menambahkan, penanganan bencana dilakukan dalam tiga tahap, yakni pra-bencana, saat bencana, dan pasca bencana. Penanganan pra dan saat bencana tidak mengalami kendala karena setiap kabupaten/kota ada gudang logistik, sehingga distribusi bantuan bisa dilakukan segera bersama Dinas Sosial, begitu juga dengan mobil dapur umum bagi korban yang bisa mobile ke lokasi. “Persoalannya adalah pada rehab rekon pasca bencana, BPBA tidak punya dana untuk itu,” ungkap Said Rasul.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *