,

BMKG Perkirakan Angin Kencang Akan Landa Aceh Hingga September

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memeprkirakan angina kencang akan melanda wilayah Aceh hingga bulan September 2018. Meski tidak terjadi setiap hari BMKG menghimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak yang akan ditimbulkan.

Menurut data yang dirilis BMKG, saat cuaca normal kekuatan angin sekitar 1-40 km per jam. Sedangkan saat musim seperti saat ini kecepatan angin bisa mencapai 80 km per jam. Jika kecepatan angin mencapai 60 km per jam ke atas maka sudah potensial menyebabkan dahan patah, pohon tumbang, atap rumah beterbangan, bahkan gelombang laut tinggi.

Selama beberapa hari terakhir kecepatan angin ada yang mencapai 80 km per jam, sehingga sejumlah pohon tumbang dan merusak beberapa bangunan. Sedangkan tinggi gelombang di perairan Sabang hingga ke barat selatan Aceh berkisar 1-3 meter, gelombang di Samudera Hindia ke bagian barat Sabang malah mencapai 4 meter.

Sementara itu di Aceh bagian timur-utara atau Selat Malaka gelombangnya masih berkisar 1 meter. Karena itu BMKG menghimbau masyarakat mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi yang bisa saja terjadi kapan saja. Jika kecepatan angin akan mencapai 40-80 km per jam apabila muncul gangguan cuaca berupa siklon tropis atau tekanan rendah di perairan Aceh. Biasanya tekanan rendah itu terjadi di Samudera Pasifik bagian barat seperti Filipina atau Laut Cina Selatan, sehingga membawa pengaruhnya sampai ke kawasan Aceh.

Angin kencang sudah mulai melanda Aceh sejak Mei lalu, yaitu saat memasuki musim kemarau. Saat ini posisi matahari sudah berada di belahan bumi bagian utara, karena tekanan rendah sering muncul di bumi bagian utara maka massa udara dari bumi bagian selatan akan bergerak menuju utara.

BMKG menghimbau jika sudah muncul gumpalan awan hitam pekat (kumulonimbus) disertai kilat di langit, maka itu pertanda akan mulai berembus angin kencang. Masyarakat pun diminta mewaspai risiko yang dapat ditimbulkan oleh angin kencang tersebut.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *