,

BKSAP Bahas Berbagai Isu Kontemporel dengan Parlemen Iran

TEHERAN – Badan Kerja Saman Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan pembahasan berbagai isu kontemporer dunia dengan Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) Parlemen Iran di Komplek Parlemen Iran, Minggu, 8 Oktober 2017.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, isu yang dibahas mulai masalah kemanusiaan yang menimpa umat Islam etnis Rohingya di Myanmar, hingga referendum Kurdi. Selain itu Indonesia dan Iran juga untuk memasukkan isu terorisme dalam agenda pembahasan sidang uni parlemen negara-negara Organisasi Konferensin Islam (OKI) tahun depan.

Delegasi BKSAP DPR RI yang hadir dalam pertemuan bilateral itu adalah dua anggota DPR RI yakni H Firmandez dan Arif Suditomo bersama Duta Besar RI untuk Iran Octavino Alimudin.

“Terkait isu kemanusiaan di Rohingya kita jelaskan bahwa selama ini, Indonesia selali aktif dalam diplomasi dan bantuan internasional, diantaranya mendirikan rumah sakit di daerah konflik Arakan,” jelas H Firmandez.

Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, terkait persoalan isu terorisme di dunia, baik parlemen Indonesia maupun parlemen Iran menyepakati bahwa terorisme adalah tidak kejahatan yang membahayakan peradaban manusia. Oleh karena itu kedua pihak sepakat memasukkan isu terorisme dalam mata agenda pembahasan dalam konferensi PUIC ke depan,.

“Kita juga menekankan pentingnya kedaulatan suatu bangsa dihargai, karena itu Indonesia dalam posisi tidak menoleransi separatism di mana pun. Di akhir pertemuan Ketua GKSB Parlemen Iran Mahmoud Sadeghi meminta agar hubungan baik parlemen Iran dan parlemen Indonesia terus ditingkatkan,” ungkap Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *