,

BKHI Makkah Tidak Memenuhi Syarat RS

TEROPONGACEH.COM | MEKKAH – Balai Kesehatan Haji Indonesia (BKHI) Makkah dinilai belum memenuhi syarat sebagai rumah sakit. Pasalnya, bangunan sudah tua dan dari segi keamanan kurang terpenuhi.

Hal itu merupakan salah satu temuan tim Komisi VIII DPR-RI yang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Makkah dan Madinah beberapa waktu lalu dalam rangka pengawasan pelaksanaan ibadah haji.

Anggota Komisi VIII, H Firmandez mengungkapkan, selain soal banguan BKHI, secara proporsional jumlah tenaga kesehatan juga belum memadai, terutama di masa puncak pelaksanaan haji.

Tim Komisi VIII juga menemukan jamaah yang mengalami gangguan jiwa, jamaah yang didiagnosa mengalami kanker stadium empat, ambulan yang terbatas dan kondisi tidak memenuhi stsndat.

“Terbatasnya ambulance terjadi karena kebijakan pemerintah Arab Saudi tidak boleh ada pengadaan ambulance, hanya boleh sewa yang mengakibatkan ada ambulan dengan kondisi tidak memenuhi standar,” jelas H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, Tim Komisi VIII juga mengusulkan penambahan makanan untuk jamaah yang baru datang, mereka juga harus diberikan makanan karena kondisi jamaah yang lelah dan lapar setelah perjalanan jauh, lalu akan dilanjutkan dengan tawaf.

“Di sektor 3 Makkah kami menemukan AC kamar yang rusak, sudah 4 hari dilapor belum diperbaiki. Kemudian terdapat keterlambatan makan siang di sektor 3 Makkah dengan alasan mobil pembawa catering terlambat karena pemeriksaan polisi Makkah,” ungkap H Firmandez.

Selain itu, lanjut politisi Golkar tersebut, jamaah juga mengusulkan agar makanan disesuaikan dengan selera daerah asal jamaah. Misalnya menu masakan Indonesia Timur beda dengan Jawa dan Indonesia bagian barat.

Untuk itu Komisi VIII DPR-RI meminta pemerintah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan dan pelayanan jamaah haji di Aran Saudi, agar pelayanan tahun haji selanjutnya lebih optimal dan memenuhi standar.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *