,

Besok Penumpang Telantar Akan Diberangkatkan ke Simeulue

LABUHANHAJI – Jika cuaca membaik, ratusan penumpang yang telantar di pelabuhan Labuhahhaji, Aceh Selatan akan diberangkatkan ke pelabuhan Sinabang, Sabtu, 23 Juli 2016.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji, Yulmahendra, menjelaskan bahwa rencana awal para penumpang yang telantar tersebut akan diberangkatkan Kamis pagi, 21 Juli 2016, terpaksa harus dibatalkan karena berdasarkan hasil informasi yang diperoleh dari pihak BMKG kondisi cuaca diperairan laut Aceh Selatan dan Pulau Simeulue masih mengganas yang ditandai angin kencang serta gelombang tinggi.

Berdasarkan hasil pantauan dan analisis pihak BMKG, kata Yulmahendra, kondisi cuaca di perairan laut setempat baru akan membaik pada Sabtu, 23 Juli 2016, itupun jika kondisi cuaca tidak mengalami perubahan.

Menindaklanjuti informasi tersebut, pihak pengelola Pelabuhan Labuhanhaji bersama Syahbandar, ASDP dan Nahkoda Kapal KMP Labuhanhaji telah menggelar rapat yang hasilnya memutuskan bahwa KMP Labuhanhaji akan dioperasikan pada hari Sabtu pagi untuk memberangkatkan ratusan penumpang ke Pulau Simeulue.

“Sudah dapat dipastikan akan berangkat pada Sabtu pagi. Tapi hal itu tetap tergantung dengan kondisi cuaca jika cuaca kembali memburuk maka kapal kembali gagal berangkat demi keselamatan penumpang,” tegas Yulmahendra.

Dia menyebutkan bahwa, jumlah keseluruhan penumpang yang saat ini berada di Pelabuhan Labuhanhaji telah mencapai 500 orang lebih serta jumlah kendaraan roda dua sekitar 200 unit serta roda empat sekitar 50 unit yang terdiri mobil angkutan barang dan mobil pribadi.

“Jumlah penumpang sekitar 500 orang, tapi yang sudah membeli tiket sekitar 350 orang, karena loket penjualan tiket sudah ditutup sejak Selasa, 19 Juli 2016 lalu. Loket penjualan tiket kembali akan dibuka pada Jumat, 22 Juli 2016 agar penumpang dapat membeli tiket kembali,” ujarnya.

Karena penumpang yang tersedia sudah membludak, lanjut Yulmahendra, maka pengangkutan penumpang pada Sabtu, 23 Juli 2016 akan dilayani oleh dua kapal. Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, keberangkatan pertama akan dilayani oleh KMP Labuhanhaji pada pukul 06.00 WIB. Sedangkan KMP Teluk Sinabang yang posisinya saat ini berada di Pelabuhan Sinabang akan berangkat ke Labuhanhaji pada Jumat, 22 Juli 2016 malam dan diperkirakan akan tiba pada Sabtu, 23 Juli 2016 sekitar pukul 07.00 WIB pagi.

“Berselang dua jam kemudian, KMP Teluk Sinabang tersebut kembali akan melayani pengangkutan penumpang ke Pulau Simeulue pada Sabtu pukul 10.00 WIB,” jelasnya. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *