, ,

Bendaharawan BPBD Ditengarai Sunat Honor Personil Pemadam

KUTACANE – Isu tak sedap menerpa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutacane, salah seorang stafnya menjabat posisi bendaharawan gaji, berinisial Sri, diduga memotong honor puluhan personil pemadam baru.

Ceritanya bermula sejak 43 personil pemadam baru direkrut pada awal Januari 2016 lalu. Honor merek dipotong dengan dalih pembayaran pelatihan personil. Seorang personil pemadan menunjukkan lembaran asli slip gaji, pada Kamis malam (28/4), di seputaran Jalan Ahmad Yani Kota Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara.

“Coba lihat sendiri slip gaji ini tertulis jelas ada berapa potongan di dalamnya, ada dua potongan yang pertama potongan STM sebesar Rp 20.000, lalu potongan kedua yakni potongan uang pelatihan personil sebesar Rp 680.000, sementara tertulis honor hanya Rp 900.000, kan cukup banyak dipotong honor kami yang tersisa dan diterima hanya Rp 200.000,” ungkapnya.

Ia menilai aneh BPBD Kutacane, hanya memplot anggaran untuk honor saja sementara untuk biaya pelatihan personil baru harus dipotong dari honor pokok setiap bulannya. “Sungguh tega dan terkesan sangat kejam apa yang dilakukan oknum bendaharawan gaji itu,” lanjut sumber tersebut.

Menanggapi hal itu, Sri selaku bendaharawan gaji di BPBD Kutacane Jum’at, 29 April 2016 melalui telepon seluler mengakui adanya potongan tersebut sebesar Rp 680.000 untuk pelatihan personil, dan membenarkan bahwa yang menyerahkan honor mereka adalah bawahannya kasir gaji yang berinisial ED.

Namun Sri membantah kalau ia yang menjadi dalam pemotongan honor tersebut. Sebagai bawahan ia mengaku hanya menjalankan perintah atasan. “Pemotongan honor hanya seakale saja pada Januari 2016, itu pun memang benar kita pergunakan untuk biaya pelatihan mereka, yang digelar selama tiga hari di kantor BPBD,” jelasnya.[RH]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *