,

Belasan Warga Blangkuala Terjangkit DBD

MEUKEK – Belasan warga Desa Blangkuala, Kecamatan Meukek, Aceh Selatan terpaksa harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Yulidin Away (RSUD YA) Tapaktuan dari Puskesmas Meukek untuk mendapatkan perawatan intensif akibat terjangkit penyakit Demam Berdarah Deague (DBD).

Kepala Desa Blangkuala Kecamatan Meukek, T Nasrun saat dihubungi dari Tapaktuan, Jumat, 15 Juli 2016 menyebutkan temuan kasus terjangkit penyakit DBD telah berlangsung sejak penghujung bulan puasa 1437 H lalu atau menjelang datangnya hari raya Idul Fitri. Laporan yang ia terima, sedikitnya sudah mencapai 15 orang warga terjangkit DBD.

Nasrun menjelaskan, kasus terjangkit penyakit DBD awalnya menimpa dua orang warga Desa Kutabuloh II, Kecamatan Meukek. Berselang beberapa hari kemudian, temuan kasus serupa kembali ditemukan di Desa Blangkuala.

Begitu cepatnya penyakit tersebut menular ke warga Desa Blangkuala diperkirakan selain disebabkan karena letak kedua desa dimaksud berdekatan juga disebabkan karena pihak Dinas Kesehatan Aceh Selatan terlambat melakukan langkah pencegahan untuk memutus mata rantai perkembangbiakan jentik nyamuk.

Nasrun mengakui bahwa pasca temuan kasus terjangkit DBD di Desa Kutabuloh II, pihak Dinas Kesehatan Aceh Selatan telah melakukan langkah pengasapan (fogging) di Desa Blangkuala. Namun sayangnya, langkah pencegahan tersebut kurang maksimal dilakukan karena dilakukan pada saat sore hari di bulan puasa. “Berhubung saat sore hari di bulan puasa, mayoritas warga menolak dilakukan fogging,” ungkapnya.

Karena itu, Nasrun meminta kepada Dinas Kesehatan Aceh Selatan segera melakukan langkah pencegahan secara maksimal di beberapa desa dalam Kecamatan Meukek khususnya Desa Blangkuala dan Desa Kutabuloh II yang telah ditemukan kasus warga terjangkit DBD.

Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Surya Dharma, mengatakan pasca ditemukan kasus warga terjangkit DBD di Desa Kutabuloh II pihaknya telah melakukan langkah pencegahan melalui pengasapan (fogging) di Desa Blangkuala.

pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Blangkuala supaya segera menggelar Gotong Royong bersama warga setempat untuk membersihkan lingkungan desa setempat.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *