,

Beberapa Kecamatan di Aceh Selatan Terendam Banjir

TAPAKTUAN – Hujan deras yang melanda Aceh Selatan bberapa hari terakhir mengakibatkan beberapa kecamatan terendam banjir bandang setinggi 10 hingga 30 cm. ratusan rumah terendam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Selatan, Rahmad Humaidi menjelaskan, banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Pasie Raja merendam ratusan rumah penduduk dalam 10 desa. Bencana banjir ini berdampak terhadap 940 Kepala Keluarga (KK) atau 4.672 jiwa.

Sedangkan di Kecamatan Kluet Utara banjir juga merendam puluhan rumah penduduk dengan jumlah warga terkena dampak banjir mencapai 360 KK. Di Kecamatan Kota Bahagia bencana banjir terjadi di Desa Beutong dengan jumlah warga terdampak banjir sebanyak 95 KK, Desa Ujong Gunong Rayeuk 129 KK dan Desa Ujong Gunong Cut sebanyak 46 KK.

“Khusus di Kecamatan Kota Bahagia debit air sekarang mulai merambat ke desa yang lebih rendah seperti Desa Rambong dan Desa Buket Gadeng,” kata Rahmad Humaidi kepada wartawan di Tapaktuan, Jumat, 15 Juni 2016.

Menurut Rahmad, bencana banjir tersebut telah dilakukan peninjauan oleh Wakil Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah dan Sekretaris Daerah, Nasjuddin serta didampingi pejabat Muspika masing-masing kecamatan pada Kamis, 14 Juni 2016 sambil mengantar sejumlah paket bantuan masa panik untuk warga korban.

Di samping itu, kata Rahmad, petugas BPBD Aceh Selatan juga telah mengerahkan petugas ke lapangan untuk melakukan langkah penanganan secara darurat seperti pembersihan rumah penduduk dari genangan banjir serta pembersihan saluran. “Berdasarkan pantauan lapangan yang telah kami lakukan, sejauh ini belum ada temuan adanya jatuh korban jiwa,” pungkasnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *