,

Bea Cukai Aceh Sita 3 Juta Batang Rokok Ilegal

BANDA ACEH – Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh berhasil selama tahun 2017 berhasil menyita 3 juta batang rokok illegal. Penyitaan terbesar dilakukan bulan Mei 2017 di Aceh Besar sebanyak 67.990 bungkus rokok illegal atau 1.181 juta batang.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Rusman Hadi dalam konferensi pers di Kantor Bea Cukai Aceh, Selasa, 30 Mei 2017. Ia menjelaskan, penyitaan rokok ilegal beragam merek ini hasil Operasi Patug Ampadan I yang digelar sejak 15 Mei 2017.

Rokok ilegal itu didapat dari operasi yang dilakukan di Banda Aceh, Meulaboh, Kota Lhokseumawe, dan Kota Langsa. Petugas bea cukai menemukan, para pelaku menggunakan pita cukai palsu pada kemaan rokok illegal tersebut. “Ada yang bekas dan juga dilekati pita cukai yang bukan peruntukannya serta rokok yang seharunya hanya bisa beredar di Kawasan Bebas Sabang,” jelas Rusman Hadi.

Rusman Hadi melanjutkan, penyitaan rokok illegal yang terbesar di Aceh dilakukan pada Minggu, 21 Mei 2017 di sebuah rumah Dusu Balee Cut, Gampong Lambheu, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar.

Pihaknya mengetahui hal itu berdasarkan informasi dari masyarakat. Setelah melakukan pengintaian selama beberapa hari, setelah mendapatkan bukti yang cukup, petugas langsung melakukan penyitaan rokok illegal di rumah tersebut sebanyak 67.990 bungkus rokok illegal. “Pelaku memang sengaja menjual rokok tersebut tanpa membayar cukai untuk meraup keuntungan yang lebih besar,” ungkapnya.

Kasus ini sekarang sedang dalam proses penyidikan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PNNS) Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh. Tiga orang pelaku diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut. Pelaku melanggar Pasal 54 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995.

Rusman Hadi meyakini masih banyak rokok illegal yang beredar di Aceh. selama tahun 2017 pihanya sudah menyita 3 juta batang rokok illegal dengan potensi penerimaan cukai mencapai Rp 1 miliar. [HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *