Bawaslu Putuskan Caleg DPRA dari PPP di Dapil 8 Langgar Aturan Kampanye

0
91

BLANGKEJEREN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gayo Lues menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan salah seorang calon anggota legislative (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Partai PPP. Caleg itu diputus bersalah berdasarkan Pasal 22 ayat (1) dan ayat (2) peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum.

Koordinator Divisi Penanganan Pelangaran Bawaslu Gayo Lues, Ali Nurdin, Jumat, 15 Maret 2019 mengatakan, pelanggaran Pemilu itu bermula dari temuan Panwaslu desa Bener Kecamatan Kutepanyang pada Kamis tanggal 14 Maret 2019. Drs H Syamsuar sebagai Caleg DPRA Partai PPP daerah Pemilihan Aceh Dapil 8 telah mengadakan kampanye tatap muka dengan mengutarakan visi dan misi untuk memilihnya.

“Kampanye itu tanpa menyampaikan surat pemberitahuan ke kepolisian setempat sebagaimana diatur dalam Peraturan PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Penyampaian visi misi itu diutarakan pada acara Ngenap (Musyawarah Keluarga Acara Sunat Rasul Cucu Bapak Ibrahim) bertempat di rumah bapak Ibrahim Am Jemiah pada pukul 20:30 Wib sampai pukul 22:30 Wib,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ali Nurdin mengatakan pelanggaran itu sudah diproses dan sudah diputuskan. Dimana Bawaslu memutuskan bahwa terlapor H Syamsuar terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administratif pemilu, serta menjatuhkan sangsi administratif kepada H Syamsuar.

“Beliau juga melanggar peraturan Bawaslu RI nomor 28 tahun 2018 tentang pengawasan Kampanye Pemilihan Umum. Dan seharusnya ada pemberitahuan surat tertulis kepada Polisi setempat, dengan tembusan disampaikan Bawaslu Kabupaten Gayo Lues sesuai tingkatanya. Pemberitahuan tersebut harus mencakup informasi hari, tanggal, waktu, tempat, pelaksaan Kampanye dan atau tim Kampanye, nama pembicara dan tema materi, jumlah peserta yang diundang dan penanggung jawab,” jelasnya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here