,

Basarnas Aceh Evakuasi ABK Kapal Liberia

BANDA ACEH – Badan Search and Rescue (SAR) Nasional (Basarnas) Aceh, Kamis, 4 Februari 2016 mengevakuasi Lobo Caje Predo, Anak Buah Kapal (ABK) kapal kargo Hyundai Tacoma.

Pria berusia 41 tahun itu dievakuasi dari perairan Aceh setelah mengalami kecelakaan terjepit mesin penggiling daging saat memasak. Akibatnya, jari tangan kanannya harus mendapatkan perawatan intensif. Lobo merupakan warga India yang bekerja di kapal kargo berbendera Liberia. Kapal tersebut ini melintasi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dari Singapura menuju India.

Anggota Basarnas Aceh, Muhammad Arief mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi sejak pukul 11.00 Wib siang tadi, namun evakuasi dilakukan pada pukul 14.30 wib saat kapal kargo Hyundai Tacoma berada di Selat Benggala, 12 mil dari Banda Aceh.

“Kita mendapat panggilan SOS evakuasi medis dari kapal Asing berbendera Liberia, sekitar pukul 11.00 wib siang. Laporannya ada ABK mereka yang kecelakaan. Telunjuknya diamputasi dan ketiga jari lainnya sebelah kanan terkoyak terkena mesin penggiling makanan. Karena posisinya lebih dekat, kita langsung bergerak ke lokasi,” katanya kepada wartawan.

Selanjutnya Kata Arief, korban berhasil dievakuasi dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Zainal Abidin untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. “Kita evakuasi di tengah laut kemudian kita bawa pelabuhan Ulee Lheue, setelah itu langsung ditangani pihak medis,” jelasnya. [HD]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *