,

Baru Selesai Dibangun, Irigasi Silolo Ambruk

TAPAKTUAN – Proyek peningkatan jaringan irigasi Gampong Silolo, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan sepanjang 1 Km lebih yang baru selesai dikerjakan CV CP sumber APBK tahun 2018 sebesar Rp 1,6 miliar lebih telah rusak.

Proyek yang baru berumur beberapa bulan ini keburu rusak diperkirakan karena proses pekerjaan yang dilaksanakan diduga asal jadi. Beberapa bagian bangunan irigasi itu ambruk ke sawah dan pengikatnya patah. Balok pengikat semen bagian atas dari dinding irigasi sebelah badan jalan ke dinding irigasi sebelah sawah juga sudah banyak yang lepas sehingga dinding irigasi sebelah sawah tidak kokoh lagi.

Cepat robohnya dinding irigasi tersebut juga diduga karena pihak kontraktor pelaksana tidak menggali secara dalam pondasinya. Diduga dinding irigasi langsung dicor di atas tanah tanpa diikat terlebih dulu dengan beton pondasi agar konstruksinya lebih kokoh.

Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPR Aceh Selatan, Surya Rahmadi menyatakan bahwa proyek peningkatan jaringan irigasi di Gampong Silolo, Kecamatan Pasie Raja yang telah rusak tersebut masih dalam proses pekerjaan dan belum dilakukan proses serah terima dari kontraktor pelaksana kepada Pemkab Aceh Selatan.

“Proyek itu masih dalam proses pekerjaan belum serah terima. Jika ada kerusakan masih menjadi tanggungjawab pihak kontraktor untuk memperbaikinya kembali,” jelasnya. [HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *