,

Baru 22 Hektar Sawah Cetak Baru Ditanami

BLANGKEJEREN – Dari 120 hektar sawah cetak baru yang dibuka Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, baru sekitar 20 hektar yang ditanami padi.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Gayo Lues, Noval SP, Kamis, 21 Juli 2016 mengatakan, seluruh sawah yang baru yang dicetak akan dibantu sarana produksinya selama 3 tahun berturut-turut mulai dari benih, pupuk, pestisida dan olah tanahnya.

“Total yang kita cetak sawah baru Tahun 2016 ini di Kabupaten Gayo Lues berjumlah 143 hektar, yang sudah selesai berjumlah 120 hektar, yang sudah ditanam sekitar 22 hektar,” rincinya.

22 hektar yang sudah ditanami itu, dua hektar berlokasi di daerah Pantan Kela, dan 20 hektar di daerah Rerebe Kecamatan Tripe Jaya, sedangkan sisanya masih dalam proses pengerjaan.

“Kemarin sudah kami tekankan kepada pemilik lahan pencetakan sawah baru itu di hadapan, asisten dua, penyuluh, kelompok tani dan para Muspika, bahwa lahan ini tidak boleh dialihfungsikan ke tanaman lain selain padi,” katanya.

Disamping itu, areal sawah yang dicetak tersebut juga akan disertifikatkankan Dinas Pertanian secara gratis untuk menghindari berpindahnya batas-batas warga yang bisa menimbulkan konflik antara sesama petani.

“Dinas Pertanian bersama PPL dan anggota TNI akan terus memantau dan membimbing para petani agar bisa meningkatkan hasil produksi pagan di Kabupaten Gayo Lues ini,” lanjut Noval.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *