,

Bank Penerima BPIH Diminta Alokasikan CSR untuk Layanan Haji

TEROPONGACEH.COM | RIYADH Bank penerima setoran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) diharapkan bisa menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk peningkatan pelayanan haji.

Permintaan itu disampaikan anggota Komisi VIII DPR-RI, H Firmandez, usai mengikuti rapat Konsolidasi Persipaan Armina di salah satu hotel di Mekkah, Kamis malam, 8 September 2016. Politisi Golkar ini menilai, bank penerima setoran BPIH mendapat banyak keuntungan dari pelunasan ibadah haji oleh calon jamaah di seluruh Indonesia, karena itu sudah sepantasnya dana CSR bank-bank tersebut diarahkan ke sektor perbaikan layanan haji.

“Perbankan harus lebih berkonstribusi, katakanlah nanti misalnya bank penerima setoran pelunasan BPIH membantu mellaui dana CSR biaya manasik haji, konsumsi jamaah di Arab Saudi, transportasi layanan jamaah dan lain sebagainya. Ini akan sangat membantu, malah dengan demikian BPIH akan lebih murah, karena ada biaya-biaya tertentu yang tidak lagi ditanggung jamaah karena sudah ditanggulangi dengan CSR itu,” jelas H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, pelayanan jamaah haji tahun ini memang sudah lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu tampak pada sudah adanya koordinasi antara kedutaan besar Indonesia di Saudi Arabia dengan Kementerian Agama dan penyelanggara ibadah haji.

Meski demikian kata H Firmandez, masih ada banyak aspek yang harus diperbaiki agar layanan haji tahun depan jadi lebih baik. Rapat Konsolidasi Persiapan Armina turut dihadiri oleh Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Ketua Komisi VIII Ali Taher, Perwakilan rombongan DPR RI, perwakilan Anggota DPD RI, Anggota Amirul Haj, serta Ketua Muasassah Asia Tenggara Amin Indragiri.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *