,

Bank Aceh Siap Bantu Konversi Bank Nagari

BANDA ACEH – Terkait kunjungan bencmarking manajemen Bank Nagari, Sumatera Barat ke Bank Aceh untuk study banding tentang konversi, Direktur Utama Bank Aceh Busra Abdullah mengatakan siap membantu memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Hal itu disampaikan Busra Abdullah saat menerima kedatangan rombongan dari Bank Nagari di ruang rapat direksi Bank Aceh, Kamis, 9 Februari 2017 di Kantor Pusat Bank Aceh, Batoh. “Kami senang menyambut rombongan dari Bank Nagari. Kami siap membantu, kami akan memberikan berbagai informasi tentang konversi yang dibutuhkan oleh manajemen Bank Nagari,” ujar Busra Abdullah.

Busra Abdullah menjelaskan, konversi Bank Aceh sukses dilakukan berkat kerja sama yang baik antar tim konversi dengan masyarakat Aceh, khususnya nasabah Bank Aceh, serta stakeholder lainnya. Dalam proses konversi ada tim internal dari manajemen Bank Aceh ada juga tim eksternal dari Pemerintahan Aceh, yang sama-sama bekerja mewujudkan konversi Bank Aceh menjadi Bank Umum Syariah.

“Sebelum konversi, Bank Aceh memiliki dua cabang syariah dengat aset Rp 2 triliun, setelah konversi, sekarang sudah satu kesatuan total syariah dengan aset Rp 20 triliun. Kami pelan-pelan melakukan segala sesuatu hingga pada saatnya selesai semua, walau pada awalnya direncanakan spint-off, tapi karena keiinginan kuat pemilik saham dan masyarakat Aceh, maka kami langsung konversi. Alhamdulillah 100 persen nasabah tidak pindah,” lanjut Busra Abdullah.

Selain itu kata Busra Abdullah, suksesnya konversi Bank Aceh juga tidak lepas dari adanya regulasi khusus di Aceh, yakni Undang-undang No 11 Tahun 2016 tentang Pemerintahan Aceh, serta qanun tentang pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

“Jadi kami ada regulais yang menjamin hal tersebut. Kemudian ini juga tidak lepas dari kultur masyarakat Aceh yang 99 persen Islam,” pungkas Busra Abdullah.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *