Banjir Bandang Landa Empat Kecamatan Puluhan Rumah Rusak

0
173

BLANGKEJEREN – Empat kecamatan di Kabupaten Gayo Lues dilanda bencana banjir bandang Kamis 13 Desember 2018 pukul 20:00 Wib, akibat musibah itu, puluhan rumah warga mengalami rusak berat dan sebagian hanyut, dan puluhan hektar perkebunan dan sawah warga ikut dirusak derasnya air sungai Agusen yang mengakibatkan warga mengunsi.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues, Suhaidi, Jumat, 14 Desember 2018 mengatakan, bencana banjir bandang yang terparah terjadi di Kecamatan Putri Betung yang meliputi beberapa desa, dan Kecamatan Tripe Jaya, selain ada rumah yang hanyut, pesantren, mushola dan jembatan gantung ikut diseret air sungai kaki hutan Leuser itu.

“Untuk Kecamatan Putri Betung, musibah luapan air sungai yang terparah terjadi di desa Pungke, Begading Empat, Ramung, Atu Sepit, Uning Pune, Gumpang Lempuh, Saongal-Ongal, dan Marpunge,” katanya.

Namun Suhaidi menjelaskan bahwa itu baru sebatas laporan singkat dari warga dan belum semua laporan masuk. Sedangkan untuk Kecamatan Tripe Jaya, Kepala BPBD Gayo Lues masih belum mengetahui pasti ada berapa rumah yang rusak, dan ada berapa hektar sawah warga yang jadi korban luapan sungai Kuala Tripa itu, yang jelas warga setempat juga meminta agar BPBD mengecek kondisi perkampungan karena ada rumah yang hanyut.

“Kemudian di daerah Badak, Kala Pinang dan Kendawi Kecamatan Dabun Gelang juga sudah masuk laporan adanya kerusakan rumah, tapi belum diketahui berapa jumlahnya, sedangkan untuk desa Tetinggi, Kecamatan Pantan Cuaca ada 18 rumah yang rusak, itupun baru nerdasarkan warga,” ujarnya.

Untuk memastikan jumlah total rumah yang rusak bersama tempat ibadah dan jembatan gantung, Suhaidi mengatakan BPBD sedang berada di lapangan saat ini untuk mendata, sehingga jumlah dari lapangan bisa dipastikan.

“Setelah semua data masuk ke BPBD, barulah bisa kita salurkan uang bantuan masa panik bencana alam, kami akan koordonasikan dengan Bupati berapa jumlah nantinya, apakah Rp 1 juta per KK atau memang bisa sampai Rp 2 Juta per KK, nanti akan kami hubungi lagi rekan-rekan media,” jelasnya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here