,

Bangun Rumah Sakit Regional, Aceh Selatan Gelontorkan Anggaran Rp73 M

TAPAKTUAN – Pemkab Aceh Selatan melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Yulidin Away, Tapaktuan, menggelontorkan anggaran Rp 73 miliar lebih untuk membangun gedung lima lantai di rumah sakit plat merah tersebut. Jumlah alokasi anggaran jauh meningkat dibandingkan tahun 2016 lalu yang hanya sekitar Rp 14 miliar.

Direktur BLUD RS Yulidin Away, dr Faisal mengatakan, berdasarkan master plan yang telah dibuat, pihaknya masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 200 miliar lagi untuk mewujudkan RS Yulidin Away menjadi rumah sakit regional. Selama ini rumah sakit plat merah tersebut masih bertipe B dan melayani pasien rujukan dari Aceh Singkil, Subulussalam dan Aceh Barat Daya.

“Proyek ini direalisasikan secara bertahap untuk tahun 2017 ini sendiri berjumlah mencapai Rp 73 miliar. Jika berhasil mendapatkan kucuran angggaran setiap tahunnya maka bangunan rumah sakit ini diperkirakan akan rampung pada tahun 2023 mendatang,” jelasnya.

Faisal menjelaskan, kucuran anggaran mencapai Rp 73 miliar pada tahun 2017 ini bersumber dari Otsus kabupaten sebesar Rp 12 miliar, APBA sebesar Rp 23 miliar dan DAK sumber APBN sebesar Rp 38 miliar. Ia berharap proyek multi years tersebut akan terus mendapat alokasi anggaran setiap tahun sampai semua infrastruktur rumah sakit itu rampung.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *