,

Bandara Sinubung Tak Lagi Disinggahi Pesawat

BLANGKEJEREN – Bandar Udara (Bandara) Sinubung, Gayo Lues sejak beberapa bulan terakhir tak lagi disinggahi pesawat. Puluhan miliar anggaran pembangunan lapangan terbang tersebut terkesan mubazir.

Bila tahun-tahun sebelumnya maskapai penerbangan Susi Air secara berkala mengangkut penumpang dari Bandara tersebut ke Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar dan Bandara Kuala Namu Sumatera Utara, kini praktis selama tahun 2017 tidak ada penerbangan sama sekali.

Khaidir, warga Blangkejeren mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues mengikat kontrak dengan salah satu penerbangan perintis yang ada, serta melakukan subsidi tiket pesawat seperti pada awal-awal Bandara Sinubung dioperasikan.

“Setelah Susi Air putus kontrak akhir 2016 sampai sekarang tidak ada penerbangan lagi. Kasian warga harus kembali menggunakan jalur darat untuk keluar kota, dan itu sangat lama,” ungkapnya, Selasa, 7 Maret 2017.

Khaidir meminta Pemkab Gayo Lues melakukan lobi-lobi ke Kementrian Perhubungan untuk membuat Bandara Sinubung berdenyut kembali, minilal untuk rute Banda Aceh dan Medan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perhubungan Gayo Lues, Ibrahim Saleh mengatakan, masalah itu bukan lagi tanggung jawab Dinas Perhubungan, melainkan tanggung jawab Kementrian Perhubungan yang perwakilanya ada di Bandara Rembele, Bener Meriah.

“Meski kami tidak terlibat dalam pengurusannya, kami dari Dinas Perhubungan tetap melakukan pemantauan, bahkan sering menayakan kepada Perwakilan Kementrian Perhubungan di Rembele, namun jawaban yang kami terima, bahwa saat ini sedang proses tender di Kementrian,” katanya.

Kemungkinan besar kata Ibrahim Saleh, pesawat yang akan mengangkut penumpang dari Gayo Lues bukan lagi Susi Air, tetapi perusahaan penerbangan lain yang memenangkan tender, itupun hanya sebatas isu, belum pasti.

“Ada juga saya dengar informasi bahwa ada permasalahan setelah BPK mengaudit anggaran Bandara ini, namun itupun belum bisa dipastikan apakah itu menjadi salah satu faktor penyebab terlambatnya masuk pesawat ke Gayo Lues,” tuturnya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *