,

Banda Aceh Setujui 25 Prolegda 2017

BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh bersama Pemerintah Kota Banda Aceh telah menyetujui 25 usulan rancangan qanun yang termuat dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kota Banda Aceh 2017. Ke-25 Prolegda itu terdiri dari 19 usulan Raqan dari eksekutif dan enam usul inisiatif dewan.

Hal tersebut mengemuka dalam rapat paripurna DPRK Banda Aceh dengan agenda Pengesahan Prolegda 2017 di ruang sidang utama dewan setempat, Jumat, 6 Januari 2017.

Rapat paripurna perdana dewan ini dibuka oleh Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah dan turut dihadiri oleh Plt Wali Kota Banda Aceh Hasanuddin. Hadir pula Sekdako Banda Aceh Bahagia bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Banda Aceh serta unsur pimpinan dan para anggota DPRK Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Arif Fadillah menyatakan Prolegda merupakan instrumen perencanaan program pembentukan peraturan daerah yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis.

”Secara operasional, prolegda memuat daftar prioritas rancangan peraturan daerah yang disusun berdasarkan metode dan parameter tertentu, sebagai bagian integral dari sistem peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Menurutnya, rancangan-rancangan qanun yang termuat dalam program Prolegda tersebut, telah terseleksi dan teruji secara mendalam dan komprehensif. ”Sehingga nanti dalam proses pembahasannya berujung pada ditetapkan dan disahkannya rancangan-rancangan qanun tersebut, menjadi Qanun Kota Banda Aceh pada tahun anggaran 2017 ini,” lanjut politisi Demokrat tersebut.

Usai pembacaan draf keputusan dewan tentang Prolegda 2017 oleh Sekwan Ansarullah, selanjutnya digelar prosesi penandatanganan MoU atau berita acara persetujuan bersama antar Plt wali kota dan pimpinan dewan tentang Prolegda Banda Aceh 2017.

Sementara itu di tempat yang sama, Plt Wali Kota Banda Aceh Hasanuddin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pimpinan dan para anggota dewan yang telah menyetujui dan mengesahkan Prolegda Banda Aceh 2017.

“Kami menaruh harapan yang besar pada dewan agar penyusunan rancangan qanunnya dapat kita selesaikan bersama pada tahun ini, mengingat semua usulan Prolegda tersebut sangat mendesak berdasarkan skala prioritasnya demi kelancaran pelaksanaan pemerintahan dan kebutuhan masyarakat,” harapnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *