,

Banda Aceh Gandeng LIPI Untuk Pembangunan Kota

BANDA ACEH – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh akan melakukan kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam beberapa program pembangunan. Selasa, 29 Maret 2016 eksekutif dan legislatif Kota Banda Aceh berkunjung ke kantor LIPI di Jakarta membahas rencana kerja sama tersebut.

Rombongan dari Pemko Banda Aceh terdiri dari Wali Kota H Illiza Sa’aduddin Djamal, Kepala Bappeda Iskandar dan Asisten Administrasi Umum M Nurdin. Sementara dari DPRK Banda Aceh hadir Royes Ruslan, M Ali, Isnaini, Zulfikar, Askari, dan Ilmiza Sa’aduddin Djamal.

Mereka diterima oleh Kepala LIPI Prof Dr Iskandar Zulkarnain,Wakil Kepala LIPI Dr Akhmadi Abbas, Sekretaris Utama LIPI Dr Siti Nuramaliati Prijono, Deputi IPSK Dr Tri Nuke Pudjiastuti, dan Deputi PH Dr Eny Sudarmonowaty. 

Illiza memaparkan komitmen Pemko Banda Aceh dalam mengembangkan sistem/instalasi energi terbarukan. “Kami sudah merencanakan instalasi energi terbarukan untuk Pelabuhan Lampulo dan solar sel di balai kota, namun mengalami kendala gagal tender dengan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Menurut Illiza, potensi sektor perikanan di Banda Aceh juga cukup menjanjikan dengan komoditi unggulan kualitas ekspor antara lain tuna, lobster, dan tiram. Illiza berharap dukungan LIPI untuk pendirian pabrik pengalengan produk-produk laut agar dapat diekspor ke luar negeri. Illiza juga berharap LIPI dapat membantu Pemko Banda Ace untuk mengintegrasikan seluruh aplikasi IT yang dibangun oleh putra-putri lokal tersebut.

Adapun sejumlah program kerja sama yang diajukan Pemko Banda Aceh antara lain bantuan penanganan permasalahan sosial seperti aliran sesat, anak punk dan LGBT, agar didapatkan solusi yang tepat. 

Menanggapi hal itu, Deputi IPSK LIPI Dr Tri Nuke Pudjiastuti mengatakan gerakan LGBT merupakan tindakan kriminal yang harus ditangani oleh Kriminolog. “Tak cukup hanya ditangani oleh sosiolog dan psikolog. Aceh dan Padang adalah target gerakan LGBT mengingat nilai kultur yang berbeda dari daerah lain dan ketaatan agama masyarakatnya,” ungkap Tri.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *