,

Baitul Mal Santuni Tukang Becak dan Buruh Pelabuhan

TAPAKTUAN – Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Selatan menyalurkan bantuan santunan Ramadhan kepada 250 orang tukang becak dan buruh bongkar muat di Pelabuhan Tapaktuan.

“Paket bantuan berupa bahan pokok dan kain sarung tersebut khusus disalurkan kepada 250 orang tukang becak dan buruh bongkar muat Pelabuhan Tapaktuan, untuk meringankan beban ekonomi mereka dalam bulan puasa,” kata Sekretaris Baitul Mal Aceh Selatan, Dedi Sastra di Tapaktuan, Selasa, 14 Mei 2016.

Santunan bulan Ramadhan tersebut telah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah, di halaman bekas Kantor Bupati lama, Tapaktuan. Menurut dia, santunan tersebut merupakan program rutin lembaga pengelola zakat dan infaq di daerah yang di kenal sentra produksi pala tersebut setiap tahunnya yakni khusus pada bulan puasa.

Dia menyebutkan, masing-masing tukang becak dan buruh pelabuhan menerima satu paket bantuan seharga Rp 200.000. Dalam paket bantuan tersebut masing-masing terdiri dari kain sarung 1 lembar, minyak makan 2 liter, sirup 2 botol, bubuk kopi seperempat kilogram, susu 1 kaleng, teh celup 1 kotak serta gula pasir 2 kg.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Selatan, Kamarsyah, dalam sambutannya mengatakan bahwa status antara tukang becak dan buruh pelabuhan dengan para pejabat daerah adalah sama, hanya saja yang membedakannya adalah tugas pokok dan fungsi (tufoksi) masing-masing.

“Bapak dan kami adalah sama, cuma yang membedakannya adalah fungsi. Karena itu, saya mengharapkan agar tahun depan bapak-bapak bukan lagi sebagai penerima, tetapi sudah masuk ke kaum pemberi zakat,” harap Kamarsyah.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *