,

Bagian Umum Pemkab Aceh Selatan Lima Tahun Tak Lunasi Kas Bon

TAPAKTUAN – Bagian Umum Kantor Bupati Aceh Selatan belum melunasi tunggakan utang (kas bon) pada Koperasi karyawan Aceh Selatan (Kopkas). Jumlah kas bonnya mencapai Rp 300 juta.

Kas bon tersebut terjadi dari pengambilan ATK dan poto copy sejak lima tahun lalu, setelah Kopkas membuka toko foto copy dan alat tulis kantor (ATK) di Jalan Merdeka, Tapaktuan atau persis di sisi Kantor PWI Aceh Selatan.

Tak jelas bagaimana kas bon ATK dan foto copy itu bisa membengkak mencapai Rp 300 juta lebih. Bagian Umum Kantor Bupati Aceh Selatan yang menangani kas bon itu enggan membayar dan justru membuka lapak baru, dengan cara membuka kas bon di toko foto copy dan penjualan ATK yang lain.

Mantan Kabag Umum Kantor Bupati Aceh Selatan, Safril, yang dihubungi wartawan mengakui adanya kas bon tersebut, dari biaya foto copy dan pengambilan ATK. Katanya, kas bon itu telah ada sejak sebelum ia menjabat sebagai Kabag Umum, namun rinciannya ia tak ingat lagi. Karena kas bon itu dikelola staf bagian umum bernama Keucik Kharil dan Cut Anda Maskita.

Sementara Ketua Kopkas Aceh Selatan H Abubakar mengakui kas bon kantor bupati itu, tetapi ia tak ingat persis berapa rinciannya, karena sejak tahun lalu telah mulai dicicil pembayarannya. “Saya juga tak jelas perinciannya dan Pak Idris selaku bendahara yang tahu persis,”sebutnya berkilah.

Sebelumnya bendaharawan Kopkas H Idris menyebutkan kas bon Setdakab hingga saat ini masih tertunggak sebesar Rp 300 juta lagi dan atas perintah Sekda H Najuddin telah mulai dicicil.

Selain itu, kata dia, mantan Bupati Aceh Selatan Tgk Husin Yusuf juga masih tertunggak sebesar Rp 20 juta lagi. “Uang pembayarannya telah keluar beberapa tahun lalu, tetapi dananya telah dialihkan untuk keperluan lain,”katanya sembari mengatakan kas bon itu terjadi saat Kabag Umum Kantor Bupati dijabat Safril.

“Kita berharap semua tunggakan itu hendaknya, dapat dilunasi menjelang rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2017 yang dijadwalkan bulan depan,” harapnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *