,

Awal September Lintas Sangir–Badak Uken Sudah 4 Kali Longsor

TEROPONGACEH.COM | BLANGKEJEREN – Hujan lebat yang mengguyur daerah Kabupaten Gayo Lues menyebabkan sejumlah titik mengalami longsor, seperti di jalan Sangir menuju Badak Uken Kecamatan Dabun Gelang, jalan tersebut kerap mengalami longsor hingga masyarakat harus berjalan kaki menuju ke pusat kota Blangkejeren.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gayo Lues, Suriyanto, Selasa, 6 September 2016 mengatakan, dalam bulan ini sudah empat kali terjadi longsor di jalan Sangir menuju Badak Uken, setiap terjadi longsor pihaknya selalu membersihkan badan jalan supaya kendaraan bisa melintas.

“Kami kewalahan juga membersihkan timbunan longsornya, karena baru saja dibersihkan sudah longsor lagi, baru saja alat berat kita bawa pulang sudah longsor lagi, mudah-mudahan tahun depan disetujui Rp 500 juta anggaran pembersihan gunungnya, sehingga tidak lagi terjadi longsor,” katanya.

Untuk mengantisipasi terjadinya longsor di jalan lintas Kabupaten Gayo Lues, Dinas PU menyiapkan 50 persen anggaran perawatan badan jalan guna membabat jalan ditumbuhi rumput berduri dan membersihkan timbunan longsor di atas badan jalan.

“Anggaran perawatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan tahun 2016 ini hanya Rp1,8 miliar, dari jumlah itu 50 persen diantaranya sudah kita gunakan, sedangkan angaran 50 persen lagi kita antisipasi terjadinya longsor, sebab, saat akhir tahun seperti sekarang ini sangat rawan terjadi longsor,” jelasnya.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Gayo Lues agar segera melaporkan kepada Dinas PU bila ada jalan lintas kabupaten mengalami longsor, agar bisa ditangani dengan cepat.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *