,

Antisipasi Banjir, 10 KM Sungai di Aceh Timur Dikeruk

IDI – Untuk mencegah terjadinya banjir akibat meluapnya air sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur melakukan pengerukan 10 kilometer sungai dangkal di beberapa desa dalam Kecamatan Banda Alam.

Titik sungai dangkal yang dikeruk meliputi Desa Jambo Reuhat, Benteng, Seuneubok Pangoe hingga tembus ke Desa Panton Rayeuk M. “Pengerukan kita lakukan untuk menghindari banjir yang terjadi setiap akhir tahun di daerah pedalaman ini,” kata Bupati Aceh Timur, H Hasballah H MThaib ketika meninjau normalisasi Sungai di Banda Alam,Selasa 17 Mei 2016.

Menurutnya, normalisasi sungai di Banda Alam akan mencegah terjadinya banjir di empat kecamatan seputar Daerah Aliran Sungai (DAS). Banjir yang terjadi di Kecamatan Idi Tunong, Darul Ihsan, dan Idi Rayeuk merupakan banjir kiriman dari Banda Alam. “Sungai dangkal ini penyebab air meluap ke pemukiman,” jelas bupati yang sering disapa Rocky tersebut.

Rocky berharap, normalisasi dan pengerukan sungai tersebut dapat menciptakan Banda Alam yang bebas dari banjir. “Jika pun debit air tinggi, maka banjir dadakan cepat surut, karena sungai sepanjang Banda Alam sudah bersih,” pungkasnya. [IS]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *