,

Angka Kematian Ibu Hamil di Gayo Lues Menurun

BLANGKEJEREN – Angka kematian ibu hamil dan ibu melahirkan di Kabupaten Gayo Lues menurun drastis, setelah pemerintah setempat menempatkan satu bidan di setiap desa. Saat ini sudah tersebar bidan di 145 desa, termasuk desa pedalaman dan desa terpencil seperti Lesten, Tongra dan Badak Uken.

Hal itu disampaikan Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasyim saat membuka seminar Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Gedung Nusa Indah, Blangkejeren, Senin, 26 September 2016.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja seluruh bidan desa yang ada di Gayo Lues, berkat adanya bidan ini, angka kematian ibu melahirkan menurun, angka kematian bayi juga menurun drastis,” pujinya.

Terciptanya situasi seperti itu kata Ibnu Hasyim tidak terlepas peran Dinas Kesehatan dan Pemkab Gayo Lues yang terus mendorong pembangunan di setiap desa, seperti pembangunan Poskesdes tempat tinggal bidan, serta Pustu tempat merawat pasien desa.

“Bidan desa di Gayo Lues bukan semuanya dikontrak oleh Pemerintah pusat, tetapi kebanyakan dikontrak oleh Pemkab Gayo Lues, kalau dari Pemerintah Pusat hanya sebagian dan sebagian lagi digaji oleh Pemda Gayo Lues, ini salah satu bentuk kepedulian kita terhadap pelayanan kesehatan masyarakat,” jelasnya Ibnu Hasyim.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *