,

Angin Kencang Landa Simeulue, Tiga Orang Cidera

SIMEULUE – Tiga orang cidera dan dua rumah tertimpa pohon akibat angin kencang disertai hujan lebat yang melanda di Kabupaten Simeulue. Angin Kencang melanda pulau Simeulue serta pulau-pulau kecil sekitarnya sejak Selasa (09/02/16) malam hingga saat ini.

Korban merupakan warga dari Pulau Siumat, Simeulue Timur. Mereka adalah Daege Mane (31 tahun). Ratilina (27 tahun) dan Ferdiama bayi yang masih berumur 6 bulan putri dari Ratilina.

Kepala Pukesmas Simeulue Timur, Heri Herwanto mengatakan, korban tertimpa pohon tersebut saat ini sudah mendapat pertolongan pertama di Puskesmas setempat. Namun tidak dapat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simeulue akibat cuaca masih buruk.

Kata Heri, RSUD Simeulue berada di seberang pulau hanya dapat dijangkau sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan boat. Sementara pelabuhan di Pulau Siumat berada dalam kondisi rusak karena angin kencang.

“Ada tiga korban yang yang tertimpa pohon kelapa itu, satu patah tulang bagian belakang, ibu rumah tangga luka pada bagian kepala dan satu anak bayi, mengeluarkan darah dari dalam telinga, tapi karena pelabuhan di sini dalam kondisi rusak jadi tidak bisa kita evakuasi ke RSUD Simeulue,” kata Heri Herwanto di Pulau Siumat, Rabu (10/02/2016).

Dia menyebutkan, pihak Puskesmas berencana akan merujuk korban tertimpa pohon itu ke RSUD Simeulue. Namun karena gelombang laut tinggi dan angin masih kencang, sehingga untuk sementara para korban diinapkan di rumah tim medis di sana.

“Kondisi cuaca hingga kini masih tidak menentu, apalagi Kejadiannya terjadi sekitar jam dua malam, pohon kelapa itu menimpa rumah mereka, dan disana memang ada bidan desa yang ditugaskan,” imbuhnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh mengingatkan Aceh berpotensi mengalami hujan lebat dan gelombang tinggi selama tiga hari kedepan. Kabupaten Nagan raya, Sinabang, Singkil, Takengon dan Aceh utara merupakan daerah yang diperkirakan dengan curah hujan yang tinggi. Warga di Aceh diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.[HD]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *