,

Anggaran Minim, Jalan Rusak Terancam Tak Bisa Diperbaiki

BLANGKEJEREN – Akibat minimnya anggaran pemeliharaan, kerusakan jalan di Gayo Lues terancam tak bisa diperbaiki. Padahal jalan di daerah seribu bukit itu sangat rawan rusak, terutama akibat longsor.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gayo Lues, Surianto, Kamis, 28 Januari 2016 mengungkapkan, untuk tahun 2016 pemerintah setempat hanya menganggarkan dana pemeliharaan jalan sebesar Rp 1,8 miliar. Jauh menyusut dari tahun-tahun sebelumnya.

Ia merincikan, pada tahun 2015 anggaran pemeliharaan jalan di dataran tinggi itu sebesar Rp 2,8 miliar, tahun 2016 menyusut hingga Rp 1 miliar menjadi Rp 1,8 miliar. Padahal menurutnya, untuk pemeliharaan jalan di Gayo Lues dibutuhkan anggaran minimal Rp 5 miliar. Dia berharap pemerintah kabupaten Gayo Lues dan DPRK setempat bisa menambah anggaran tersebut pada perubahan anggaran nantinya.

“Pada tahun 2015 lalu, Pemkab Gayo Lues melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga membuka jalan sekitar 20 titik, dan jika jalan yang sudah dibangun tidak dilakukan perawatan dan pemeliharaan, jika terjadi longsor ataupun jalan amblas tidak akan ada orang yang melakukan perbaikan hingga terancam tidak bisa dilintasi,” jelasnya.

Kini untuk tahun 2016, telah diprogramkan pembukaan jalan sebanyak 16 titik di 10 dari 11 kecamatan di Gayo Lues. “Jalan setiap tahun bertambah dan ini penting untuk mensejahterakan masyarakat, tapi pemeliharaannya juga jangan diabaikan. Kalau tidak, maka tak bisa lama dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Surianto mencontohkan ruas jalan menuju Desa Porang, jalan Bengkik Cinta Maji, jalan menuju arena pacuan kuda, dan beberapa ruas jalan lainnya, sangat butuh perbaikan. “Banyak jalan yang harus diperbaiki, tapi anggaran tidak ada,” pungkasnya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *