,

Aneh Bin Ajaib, Satu Batang Pisang Bertandan Lima

LABUHANHAJI – Umunya pisang hanya berbuah sekali, itu pun lazimnya satu batang satu tandan. Namun di Panton Pawoh, Labuhanhaji Barat, Aceh Selatan, ada pisang ganjil yang satu batang bertandan lima.

Fenomena tak lazim ini dilaporkan oleh salah seorang warga Desa Panton Pawoh bernama Azhari kepada wartawan di Tapaktuan, Minggu, 2 Oktober 2016. Menurutnya, keberadaan batang pisang dengan lima tandan itu pertama kali dilihatnya sekitar satu bula lalu.
 
Namun saat itu, dia hanya melihat dari satu batang pisang tersebut hanya keluar dua buah tandan dari tengah-tengah batang pisang. Ternyata berselang satu bulan kemudian yakni tepatnya pada Sabtu, 1 Oktober 2016 kemarin, dia kembali melihat dari tandan pisang itu telah bertambah menjadi lima.

Menurutnya, batang pisang yang aneh bin ajaib tersebut milik salah seorang warga desa setempat bernama Abdul Thaleb yang ditanam persis di belakang rumahnya. Bahkan menurut keterangan Abdul Thaleb, sambung Azhari, pada satu batang pisang tersebut ternyata sebelumnya sempat keluar enam buah tandan masing-masing empat buah tandan keluar dari tengah-tengah batang pisang kemudian dua tandan lagi keluar dari pucuk batang pisang.
 
Namun belakangan diketahui empat buah tandan yang keluar dari tengah-tengah batang pisang tersebut, satu diantaranya secara tiba-tiba patah yang diperkirakan karena tidak sanggup menahan beban buah pisang yang berbuah sangat lebat, sehingga saat ini tinggal tiga tandan lagi yang keluar dari tengah-tengah batang pisang.
 
“Jika tandan yang keluar dari tengah-tengah batang pisang itu tidak patah, maka sampai saat ini dari satu batang pisang itu seluruhnya keluar enam buah tandan,” ungkapnya.

Karena buah yang keluar dari masing-masing tandan tersebut sangat lebat sehingga tidak sanggup menahan beban yang cukup berat, kata Azhari, batang pisang yang keluar lima buah tandan tersebut terpaksa harus ditopang menggunakan bambu dan beberapa batang kayu oleh pemiliknya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *