,

Anak Nelayan Tewas Terseret Ombak

SAWANG – Muhammad Rafa Saputra (4,2) anak salah seorang nelayan Desa Ujong Padang, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan tewas terseret ombak laut. Musibah itu terjadi diduga saat sedang mandi-mandi dengan teman-temannya, Minggu, 29 Januari 2017 sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepala Desa Ujong Padang, Kecamatan Sawang, H Muhammad Syam mengatakan, korban diketahui telah hilang dari rumahnya sekitar pukul 15.00 WIB. Mengetahui anaknya tidak ada di rumah, Nainunis (38) ayah korban mencarinya di sekitar perkampungan penduduk hingga pinggir pantai.

“Saat melakukan pencarian ke tanggul laut Desa Ujong Padang sekitar pukul 17.00 WIB, ayah korban hanya menemukan baju anaknya yang terletak di atas tanggul. Puluhan warga langsung melakukan proses pencarian menggunakan boat dan perahu menyisir pinggir laut,” ujar HM Syam.

Tim Satgas SAR Tapaktuan baru sampai ke lokasi sekitar pukul 20.00 WIB malam. Proses pencarian korban yang terus dilanjutkan bersama warga setempat terpaksa dihentikan sekitar pukul 23.30 WIB malam karena suasana gelap disertai angin kencang dan ombak laut besar.

Namun Rifki dan Khaidir dua orang anak desa it uterus melanjutkan pencarian dengan menyisir bibir pantai dengan berjalan kaki. Saat sedang berjalan di pinggir pantai dengan diterangi lampu senter, mereka melihat korban tergeletak di atas pasir dihempas ombak laut.

“Rifki dan Khaidir tersebut masih ada hubungan keluarga dengan korban. Mereka merasa terdorong untuk melanjutkan proses pencarian pada malam itu dengan cara berjalan kaki menyisir bibir pantai. Sekitar pukul 24.00 WIB mereka menemukan korban tergeletak di bibir pantai yang berjarak dari TKP sekitar 50 meter. Penemuan tersebut langsung dilaporkan kepada warga untuk selanjutnya langsung mengevakuasi korban ke rumah duka,” ungkap HM Syam.

Setelah disemayamkan di rumah duka sejak Senin dinihari, baru pada paginya korban di kebumikan di tempat pemakaman umum desa setempat.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *