,

Aminullah Usman Diminta Tidak Tendang ‘Bola’ Liar

BANDA ACEH – WaliKota Banda Aceh yang baru dilantik, Aminullah Usman diminta untuk menyamakan persepsi dengan legislatif kota tersebut dalam memimpin, terutama terkait penyusunan anggaran daerah, agar tidak menjadi ‘bola’ liar.

Permintaan tersebut disampaikan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam sambutannya saat melantik Aminullah dan Zainal Arifin sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022, Jumat, 7 Juli 2017 di gedung utama DPRK Banda Aceh.

Rapat paripurna istimewa pelantikan wali kota dipimpin Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah, diikuti para anggota dewan, serta dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta 1.200 undangan forman. Sementara 5.000 undangan nonformal menyasikan pelantikan di bawah tenda yang disedikan di Taman Bustanussalatin (Taman Sari) di depan Balaikota Banda Aceh.

Gubernur Irwandi Yusuf berharap pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin mampu menjalankan amanah dalam membangun pemerintahan di ibu kota Provinsi Aceh.

“Kami berharap Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh yang baru dilantik mampu membangun komunikasi dengan legislatif dalam menjalankan pemerintahan,” harap Irwandi Yusuf.

Sebagai orang yang punya hobi bermain sepak bola kaki, Aminullah diminta Irwandi untuk tidak menendang ‘bola’ liar. “Jangan sepak ke gawang sendiri. Lebih bagus lagi tidak ada bola liar,” ujar Irwandi memberi kiasan. “Eksekutif dan legislatif harus akur. Keduanya mengemban amanah rakyat. Jangan pernah kedepankan ego sektoral.”

Irwandi Yusuf juga menjelaskan eksekutif merupakan mitra eksekutif dalam pemerintahan. Kedua pihak jangan sampai berbeda pandangan, yang hanya akan merugikan masyarakat.

“Misalnya masalah anggaran, jika tidak ada persepsi yang sama antara eksekutif dan legislatif, maka pengesahan anggaran akan menjadi tolak tarik. Jika ini terjadi, maka yang rugi adalah masyarakat. Karena itu, bangun komunikasi yang baik,” kata Irwandi Yusuf.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *