,

Amankan TPS, Polisi Diminta Bertindak Sesuai Prosedur

BLANGKEJEREN – Personil polisi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada, 15 Februari 2017 diminta untuk bertindak sesuai prosedur bila terjadi masalah dan sengketa di lapangan.

Penegasan itu disampaikan Kapolres Gayo Lues AKBP Bhakti Eri Nurmansyah yang didampingi Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf MS Nasution di halaman Bale Musara, Senin, 13 Februari 2017.

Sebanyak 228 personil polisi dari Polres Gayo Lues digeser dari tempat tugasnya bekerja selama ini untuk mengamankan 245 TPS. “Seluruh personil harus melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab, pastikan Pilkada berjalan dengan baik,” harapnya.

Kapolres melanjutkan, bila dalam perjalanan keberlangsungan Pilkada ada yang mengganggu situasi yang saat ini kondusif, Kapolres meminta seluruh personil melakukan tindakan sesuai dengan prosedur, seperti mengarahkan petugas di lapangan melakukan musyawarah dan mufakat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Jika permasalahan di tingkat TPS tidak bisa diselesaikan, maka akan mengganggu keberlangsungan Pilkada ini, namun jika di tingkat bawah berjalan dengan aman dan lancar, maka keberlangsungan Pilkada akan berjalan dengan baik,” lanjut Kapolres.

Sementara Dandim 0113/GL Letkol INF. Muhammad Faisal Nasution mengatakan, mengamankan Pilkada bukan saja dilakukan oleh Polri dan TNI, tetapi harus dilakukan bersama-sama dengan seluruh lapisan masyarakat, dan jika ada temuan di lapangan, tindakan yang harus diambil harus sesuai dengan prosedur guna menegakan hukum secara terpadu. [Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *