,

Amankan Pilkada, Polres Aceh Selatan Gelar Apel Pasukan

TAPAKTUAN – Menjelang berlangsungnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Februari tahun 2017, Polres Aceh Selatan menggelar apel pasukan dalam rangka operasi mantap praja rencong tahun 2017 di Lapangan Naga, Tapaktuan, Rabu, 26 Oktober 2016.

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi SIK itu diikuti seratusan pasukan yang terdiri dari seluruh satuan Polres dan Polsek, pasukan Brimob Kompi Trumon, anggota Kodim 0107, pasukan Batalyon Infanteri 115 Macan Leuser, Satpol PP, Dinas Perhubungan, FKPPI, Relawan RAPI dan anggota PMI.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah, Ketua DPRK T Zulhelmi, Dandim 0107 Letkol Kav Hari Mulyanto, Danyon 115 Macan Leuser, Ketua Pengadilan Negeri Tapaktuan, Kajari, seluruh Komisioner KIP Aceh Selatan serta puluhan pejabat di jajaran Pemkab setempat.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi menjelaskan, apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri serta unsur terkait lainnya sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal guna mendukung seluruh rangkaian tahapan Pilkada serentak tahun 2017,” kata Achmadi.

Menurutnya, pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2017 merupakan bagian dari kebebasan masyarakat Aceh dalam memilih kepala pemerintahan tanpa adanya tekanan dan intimidasi dari pihak manapun. Untuk menjamin hal itu, perlu adanya langkah pengamanan yang maksimal setiap tahapan Pilkada.

“Pada konteks inilah peran Polri dan seluruh stakeholder terkait lainnya sangat dibutuhkan untuk mengawal dan mengamankan seluruh proses Pilkada tersebut agar berjalan lancar tanpa ada gangguan apapun,” tegasnya.

Achmadi mengakui pelaksanaan Pilkada tahun 2017 terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius, karena itu ia meminta terkait penanganan tindak pidana Pilkada harus segera diambil langkah cepat dan tepat melalui sinergitas kerja antara Polri dengan unsur terkait lainnya seperti Kejaksaan, Bawaslu atau Panwaslih serta mengoptimalkan peran serta aparat penegak hukum terpadu lainnya. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *