,

Alur Naga Longsor, Lalulintas Tapaktuan – Medan Terganggu

TAPAKTUAN – Longsor kembali terjadi di ruas jalan lintasan nasional Tapaktuan – Medan tepatnya pada kawasan tanjakan jalan berliku Gunung Alur Naga Gampong Panjupian, Kecamatan Tapaktuan.

Longsoran batu besar yang menutupi badan jalan negara tersebut terjadi, Senin, 27 Fberuari 2017 sekitar pukul 12.45 WIB. Dua hari sebelumnya kejadian serupa juga terjadi di perbatasan Gampong Lhok Bengkuang dengan Gampong Batu Itam.

Batu longsor jatuh ke badan jalan pada Senin siang tersebut terjadi secara tiba-tiba. Saat bongkahan batu jatuh cuaca di wilayah tersebut sedikit mendung disertai curah hujan intensitas sedang.

Beruntung saat bongkahan material batu berukuran sedang dan besar dengan jumlah mencapai puluhan tersebut jatuh dari gunung yang menjulang tinggi di sisi badan jalan Negara tersebut, tidak ada pengendara kendaraan bermotor yang sedang melintas. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi SIK melalui Kapolsek Kota Tapaktuan AKP Mustafa menjelaskan, pasca terjadi longsor batu ke atas badan jalan, arus lalu lintas sempat terganggung selama beberapa saat. Karena petugas kepolisian yang sudah tiba di lokasi dengan sigap langsung menutup akses jalan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

“Arus lalu lintas sempat lumpuh beberapa saat, karena akses jalan harus kita tutup beberapa saat untuk menghindari jatuh korban jiwa. Sebab batu – batu gunung berukuran sedang dan besar-besar dalam jumlah banyak tersebut terus berjatuhan dari atas gunung. Bahkan longsoran batu tersebut juga turut serta menyeret sejumlah pohon dari atas gunung ke badan jalan,” ucapnya.

Untuk memulihkan arus lalu lintas, petugas kepolisian bersama Dinas Pekerjaan Umum Aceh Selatan mengerahkan satu unit alat berat Loder ke lokasi untuk membersihkan seluruh material batu dan kayu yang menutupi badan jalan yang dibangun berkonstruksi kontilever di sepanjang tebing gunung tersebut.

Pantauan dilokasi, proses pembersihan material batu dan kayu dari atas badan jalan sampai berita ini diturunkan pada pukul 15.10 WIB masih terus berlangsung. Sedangkan arus lalu lintas sudah normal kembali di bawah pengawalan petugas kepolisian yang memberlakukan sistem buka tutup.

Mustafa menghimbau kepada para pengendara kendaraan bermotor yang melintas di kawasan tersebut agar ekstra berhati-hati, karena dengan cuaca sering hujan selama ini sangat berpotensi akan kembali terjadi longsor susulan.

“Himbauan ini khususnya kami tujukan kepada para pengendara yang melintas pada malam hari apalagi saat cuaca sedang di guyur hujan lebat. Bahkan untuk sementara waktu kami minta disaat cuaca sedang hujan, mohon dihentikan dulu perjalanan melintasi kawasan gunung Tapaktuan, untuk menghindari jatuhnya korban jiwa,” tandas Mustafa.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *