,

Al-Hidayah Nyakman Operasikan Mobil Pembersih Masjid Gratis

TAPAKTUAN – Yayasan Al-Hidayah Nyakman Kecamatan Meukek, Aceh Selatan menyediakan satu unit mobil pembersih masjid dan mushalla gratis bagi masyarakat setempat. Mobil minibus yang dilengkapi dengan sejumlah peralatan tersebut murni dibeli dengan uang yayasan seharga Rp 150 juta.
 
Ketua Yayasan, Ny Sakhiyah Sahim Hidayat Nyakman, Minggu 30 Oktober 2016 mengatakan, pada tahap awal pihaknya baru mengadakan satu unit mobil untuk melayani pembersihan puluhan masjid dan mushalla dalam Kecamatan Meukek.
 
Namun, lanjutnya, ketika melihat sambutan masyarakat sangat luar biasa, maka pihaknya telah memprogramkan pengadaan beberapa unit mobil lagi secara bertahap untuk menjangkau seluruh tempat ibadah dalam 18 kecamatan di Aceh Selatan.
 
Operasional mobil tersebut dilounching pada Kamis 27 Oktober 2016 lalu. “Alhamdulilah sambutan masyarakat cukup baik. Pengelola mobil pembersih rumah ibadah tersebut cukup banyak menerima telephon tidak saja berasal dari pengurus rumah ibadah dalam Kecamatan Meukek tapi juga dari luar Meukek,” ungkapnya.
 
Dia menceritakan, ide pengadaan mobil pembersih masjid dan mushalla tersebut tercetus dari perbincangan pihak keluarga. Mereka menginginkan program yang akan dilahirkan tersebut harus bisa dimanfaatkan masyarakat dalam jangka panjang. “Intinya bahwa, kami dari pihak keluarga ingin mempersembahkan sesuatu program yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” tegasnya.

Yuli Farmarizal, salah seorang staf yayasan yang juga sopir mobil tersebut menjelaskan, mobil yang dioperasikan pihaknya tersebut dilengkapi berbagai peralatan pembersih ruangan dan lantai seperti mesin genset, vakum cleaner, mesin penyemprot air, mesin pembersih lumut, mesin pembersih kaca, diterjen karbol, porselin, sapu, sikat, pel lantai, sabun serta sejumlah cairan pembersih lainnya.
 
Dalam satu hari pihaknya mampu membersihkan tiga hingga empat masjid. Sejak dilounching pada Kamis 27 Oktober lalu, pihaknya telah melayani sekitar 15 rumah ibadah dalam Kecamatan Meukek.

“Sejak keberadaan mobil pembersih masjid dan mushalla ini diketahui oleh masyarakat, kami sudah banyak dihubungi oleh masyarakat bukan hanya di Meukek saja tapi juga dari Labuhanhaji dan Sawang,” jelasnya.

Untuk diketahui, putra asli Kecamatan Meukek, Ir HIdayat Nyakman yang pernah menjabat Dirut PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Aceh dan saat ini menjabat Dirut PT Petrokimia Gresik. Ia telah mendirikan lembaga pendidikan terpadu mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA.

Lembaga pendidikan yang diberi nama Insan Madani Meukek dibawah naungan Yayasan Al-Hidayah Nyakman yang berada di Desa Kuta Baro, Kecamatan Meukek tersebut didirikan pada tahun 2004 lalu.
 
Lembaga pendidikan yang sebagian sumber anggarannya di subsidi dari pendapatan Hotel Kuala Radja, Banda Aceh tersebut hingga tahun 2016 ini telah berhasil mencetak lulusan sebanyak enam angkatan. Metode pengajaran dikombinasikan antara pendidikan formal dan pesantren.

serta siswanya disediakan asrama termasuk siswanya diwajibkan berbicara Bahasa Inggris dan Arab dalam pergaulan sehari-hari dalam lingkungan sekolah, telah menjadikan lembaga pendidikan tersebut sebagai satu-satunya sekolah favorit untuk saat ini bagi pelajar tamatan SMP baik dalam wilayah Aceh Selatan maupun luar Aceh Selatan. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *