,

Akper Aceh Selatan Dialihkan ke Universitas Teuku Umar

TAPAKTUAN – Akademi Keperawatan (Akper) milik Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang berada di Kota Tapaktuan rencananya akan digabungkan (merger) dengan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.
 
Rencana itu terungkap dalam surat Bupati Aceh Selatan Nomor: 430/751/2016 tertanggal 6 September 2016 yang ditujukan kepada Rektor UTU Meulaboh terkait pengalihan pengelolaan kampus Akper Pemkab setempat.
 
Dalam surat yang ditandatangani oleh Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra itu disebutkan bahwa keputusan pengalihan status kelembagaan perguruan tinggi kesehatan milik pemerintah daerah tersebut berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 420/1613/SJ tertanggal 2 Mei 2016 yang ditujukan kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang tembusannya turut disampaikan kepada Pemkab Aceh Selatan.
 
Atas dasar itu, Bupati Aceh Selatan memberitahukan kepada Rektor UTU bahwa berdasarkan UU Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah disebutkan bahwa pengelolaan pendidikan tinggi merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
 
Direktur Akper Pemkab Aceh Selatan, T Cut Lizam yang dikonfirmasi di Tapaktuan, Kamis, 15 September 2016 membenarkan hal tersebut. Ia bersama Asisten II Setdakab Aceh Selatan pada 8 September 2016 telah menjumpai Rektor UTU Prof Jasman J Ma`ruf di Meulaboh, Aceh Barat untuk membicarakan hal itu.

“Rektor sangat menyambut baik program tersebut, namun sebagai langkah tindaklanjutnya Rektor telah memerintahkan Pembantu Rektor (Purek) 1 bersama perwakilan pejabat Pemkab Aceh Selatan untuk berangkat ke Jakarta menjumpai Dirjen Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk membicarakan lebih lanjut terkait mekanisme dan tatacara pengalihan pengelolaan kampus Akper tersebut,” kata Cut Lizam. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *