,

AIPA Memperkuat Kerja Sama Regional ASEAN

JAKARTA – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKAP) DPR RI akan menghadiri sidang ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Filipina pada 14 hingga 19 September 2017.

Anggota BKSAP DPR RI, H Firmandez yang akan ambil bagian dalam pertemuan parlemen ASEAN tersebut menjelaskan, pertemuan AIPA bertujuan untuk memantau tindak lanjut pelaksanaan resolusi yang sudah pernah disepakati, membahas suatu isu tertentu, hingga menjadi ajang pembahasan upaya harmonisasi legislasi yang dapat memfasilitasi kerja sama regional.

“Ini merupakan pertemuan yang ke-39 setelah 40 tahun AIPA terbentuk. Delegasi dari Indonesia akan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Pak Fadli Zon dan Ketua BKAP Ibu Nurhayati Assegaf,” ungkap H Firmandez.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini melanjutkan, hampir 80 persen wilayah ASEAN merupakan laut, untuk itu isu-isu tentang pembangunan poros maritim akan terus diperkuat.

“Sumber daya maritim di ASEAN ini luar biasa, makanya melalui AIPA kita berharap nantinya akan semakin memperkuat kerja sama negara-negara ASEAN dalam mengelola sumber daya kelautan, ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara,” lanjut anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini.

Selain itu kata H Firmandez, forum tersebut juga diharapkan nantinya akan membahas tentang isu-isu perdamaian dan keamanan di kawasan ASEAN, terutama terkait penyelesaian persoalan Rohingya di Myanmar, penangan konflik secara damai untuk menciptakan stabilitas kemanan di kawasan Asia Tenggara.

Pengalaman Pemerintah Indonesia dalam penyelesaian konflik Aceh diharapkan dapat menjadi model resolusi konflik untuk menciptakan perdamaian di ASEAN. “Kita bisa bawa pengalaman penanganan konflik Aceh sebagai contoh resolusi konflik untuk negara-negara ASEAN,” pungkas H Firmandez.[HK]

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *