,

Agusen Kampung Inggris di Blangkejeren

BLANGKEJEREN – Desa Agusen yang berada di kaki gunung Leuser, Blangkejeren, Gayo Lues dinobatkan pemerintah daerah setempat sebagai kampung Inggris. Daerah itu juga diwacanakan sebagai pusat wisata pendakian gunung Leuser. Hal itu dilakukan untuk menghindari masyarakat menamam ganja, karena selama ini kawasan itu dikenal sebagai daerah penghasil ganja terbesar di negeri seribu bukit tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin, 2016 menjelaskan, penobatan desa Agusen sebagai Kampung Inggris langsung dibuka oleh Bupati H Ibnu Hasyim, Selasa, 22 Maret 2016 dan dihadiri oleh Muspida dan para kepala SKPK.

“Warga Agusen juga akan diberi pelatihan bahasa Inggris terutama bagi kalangan anak-anak dan pemuda. Karena para pendaki Gunung Lueser kebanyakan merupakan wisatawan asing dari manca negara,” ujarnya.

Selain Agusen, desa Penosan Sepakat dusun Buah Seri (Kedah) juga ikut dinobatkan sebagai Kampung Ingris, kedua desa itu akan menjadi desa wisata yang siap melayani turis manca negara untuk mengunjunggi puncak Leuser.

“Rencana dua desa ini akan dilatih selama dua bulan bahasa Inggris, dengan jadwal pagi-pagi anak-anak, sore hari ibuk rumah tangga, dan malam hari bapak-bapak. Yang mengajar bahasa Inggris warga ini akan dilakukan oleh bapak Gunmas bersama rekan-rekanya yang kontrak dengan Pemda,” jelasnya.

Salah satu tujuan menjadikan dua desa ini sebagai Kampung Inggris kata mantan Kabag Humas ini adalah menjadikan desa itu sebagai tempat melayani turis manca negara, sehingga dari tingkat anak-anak hingga orang dewasa bisa berkomunikasi lancar dengan orang yang datang dari luar negeri.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *