Ada Sabun Cair Mak Rah Pireng di CoMU Fair

0
418

BANDA ACEH – Comu Fair sudah resmi ditutup sore kemerin. Tapi ada daya tarik tersendiri dari pameran UMKM yang digelar CoMU Project (Community Based Mutual Reconstruction Acceleration Program By Utilization Of Local Resources in Banda Aceh and Higashimatsushima), yakni sabun cuci piring produk Lhong Raya, mak rah pireng.

Selain namanya yang unik, bahan baku utamanya ekstrak asam sunti asli Aceh. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman malah memberi perhatian khusus pada produk tersebut saat meninjau pameran.

“Produk kreatif seperti ini akan membuka banyak peluang kerja di Banda Aceh, mulai dari karyawan usaha produk ini sendiri hingga pedagang dan petani Asam Sunti-nya. Menurut saya produk ini sangat menjanjikan prospeknya, tinggal bagaimana mem-branding-nya, promosi, dan memasarkannya,” katanya.

Produk lain yang menarik perhatian pengunjung adalah bumbu bubuk instan “Meurasa” produksi warga Gampong Deah Geulumpang. “Ini cukup praktis untuk memasak beragam masakan khas Aceh. Dengan adanya bumbu instan ini, kuliner Aceh akan semakin dikenal oleh masyarakat dunia,” lanjut Aminullah Usman.

Kata Aminullah, dirinya menyambut baik setiap produk ekonomi kreatif yang terus bermunculan di Banda Aceh. Sektor ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi masyarakat karena dapat menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Produk UMKM akan menunjang sektor pariwisata yang juga terus digalakkan.

Selama ini berbagai program CoMU Project berjalan dengan baik di kedua kota, diantaranya, pertukaran pengiriman para pegawai negeri di lingkungan Pemerintah Kota Banda dan Kota Higashimatsushima, juga para warga masyarakat dari kedua kota untuk saling belajar dan bertukar pengetahuan serta pengalaman, dalam mempererat hubungan kedua kota.

CoMU Fair 2018 di Taman Bustanussalatin (Taman Sari) Banda Aceh, dibuka pada Minggu, 23 Desember 2018. Saat pembukaan turut dihadiri Wakiko Ito dan Chisato Oguma dari organisasi HOPE Higashi Matsushima serta Yusuke Kaneko dari perusahaan TSBM Tokyo.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here