,

Aceh Utara Kembali Dilanda Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

LHOKSEUKON – Banjir kembali melanda enam kecamatan di Aceh Utara. Ribuan warga terpaksa mengungsi. Data sementara dari BDPB Aceh Utara, sampai Rabu sore, 3 Januari 2018 sudah terdata sekitar 1.259 warga dari 343 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi. Jumlah pengungsi diprediksikan akan terus bertambah.

Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan di kawasan Bener Meriah dan Aceh Utara. Enam kecamatan yang dilanda banjir adalah Kecamatan Pirak Timu, Kecamatan Tanah Luas, Kecamatan Paya Bakong, Kecamatan Lhoksukon, dan Kecamatan Langkahan.

Tingginya curah hujan menyebabkan meluapnya Sungai Keuruto, Sungai Pirak, Sungai Peutoe, Sungai Pase dan Sungai Jambo Aye, air mulai menggenangi pemukiman penduduk pada Pukul 02.00 WIB. di enam kecamatan.

Ketingian air rata-rata bervariasi mulai 30 cm hingga 1,2 meter. Di Kecamatan Matangkuli terjadi pengungsian dengan 5 titik pengungsian. Jumlah pengungsi keseluruhan 343 KK dan 1.259 Jiwa serta ratusan areal persawahan dan perkebunan ikut terendam.

BPBD Aceh Utara sejak kejadian terus melakukan monitoring ke lokasi banjir dan menyalurkan bantuan logistik ke titik pengunsian, Tim BPBD Rescue bersama Tim SAR, TNI/Polri, RAPI, IPSM, Tagana dan Instansi terkait terus bersiaga memantau situasi dan kondisi di kecamatan-kecamatan tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *